Inikah LG Nexus 5?

Nexus logo

Saat Anda melihat sebuah smartphone atau teknologi luar biasa baru diluncurkan, mungkin dalam pikiran Anda pernah terpikir bahwa teknologi yang akan lebih hebat dari teknologi tersebut akan segera muncul lagi. Begitulah yang ada dipikiran saya ketika melihat peluncuran Samsung Galaxy S4. Inilah rumor terbaru mengenai generasi selanjutnya dari smartphone Nexus besutan Google dan (lagi-lagi dikabarkan) LG.

lg-nexus-5-prototype-630x472

Sumber yang mengaku bekerja di Google, mengatakan kepada Android and Me, bahwa gambar di atas adalah gambar prototype dari Nexus smartphone generasi selanjutnya.

Untuk Nexus generasi kelima, sumber tersebut mengatakan bahwa Google akan kembali bekerjasama dengan LG seperti yang sebelumnya telah dilakukan pada LG Nexus 4. Sejauh ini memang sudah ada tiga vendor yang menjadi pembuat Nexus yaitu HTC, Samsung, dan LG.

Nexus 5 dikabarkan memiliki codename “Megalodon”. Megalodon sendiri merupakan sebuah hiu yang sangat besar dan memiliki gigi sangat tajam pada jaman pra-sejarah yang dikabarkan telah punah. Apakah ini menggambarkan Nexus selanjutnya akan benar-benar menjadi sebuah Super smartphone? Sebelumnya, salah satu eksekutif Google pun pernah mengatakan bahwa Nexus selanjutnya akan memiliki kamera yang sangat canggih.

Sumber juga mengatakan bahwa Nexus 5 ini akan diluncurkan pada Oktober mendatang, yang artinya mungkin tidak berbeda jauh dengan waktu peluncuran iPhone generasi selanjutnya. Sedangkan untuk spesifikasi dari LG Nexus 5 adalah:

  • 5,2 inci OLED Display dengan resolusi 1920×1080
  • 2.3 GHz, Qualcomm Snapdragoon 800
  • 3GB RAM LPDDR3
  • 16/32/64GB kapasitas internal
  • Kamera belakang 16 MP dengan OmniVision (4k video recording @30FPS, 1080p video recording @60FPS, Real Time HDR & HDR video recording, optical image stabilization, BSI 2.0)
    Inikah yang dimaksud dengan kamera yang sangat canggih pada Nexus generasi selanjutnya?
  • Kamera depan 2,1 MP (1080p video recording @30 FPS)
  • Baterai 3300 mAh Lithium Polymer
  • Stereo speaker yang terletak di bagian depan
  • Qualcomm RF360 (LTE 150 Mbps & HSPA+)
  • Integrasi dengan DVB-T / ATSC-antenna
  • Gesture like controls untuk navigasi, zoom, dll

Jika dilihat dari spesifikasinya, maka Samsung Galaxy S4 kalah dibandingkan dengan LG Nexus 5 yang akan datang. Tetapi pertanyaannya adalah apakah rumor ini benar-benar terpercaya? Tidak ada yang bisa menjamin sampai Nexus generasi selanjutnya nantinya benar-benar diluncurkan oleh Google.

Dan satu hal yang menarik adalah sumber yang mengatakan bahwa dirinya merupakan orang yang bekerja di Google, sama sekali tidak memberi penjelasan mengenai Android generasi selanjutnya atau yang dikabarkan akan bernama Android Key Lime Pie (Android 5.0).

Lalu bagaimana dengan rumor Motorola XPhone? Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: Android and Me, Google Nexus

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.