CEO Blackberry Sebut iOS Jadul

thorsten heins1

Sepertinya sedang terjadi perang antar smartphone belakangan ini, apalagi setelah Samsung mengumumkan Galaxy S4 dan Blackberry telah menyebar Blackberry Z10 mereka.

Tentunya untuk menyaingi Samsung Galaxy S4, banyak cara yang dilakukan oleh produsen smartphone lainnya. Contohnya saja, Apple sampai merilis website khusus yang berisi alasan-alasan mengapa iPhone lebih baik dari Samsung Galaxy S4. Sekarang giliran Blackberry yang baru saja menyebar produksi Blackberry Z10 mereka dan memberikan suatu pernyataan tentang iPhone.

CEO Blackberry, Thorsten Heins, lewat wawancara dengan Australian Financial Review, mengatakan bahwa iPhone sudah bukan lagi berada di masa kejayaan smartphone masa kini seperti dulu kala. Sekarang iPhone lebih terlihat “berdebu” alias jadul.

“The rate of innovation is so high in our industry that if you don’t innovate at that speed you can be replaced pretty quickly. The user interface on the iPhone, with all due respect for what this invention was all about is now five years old.”

“Tingkat inovasi di industri kita sangat tinggi, jika kamu tidak berinovasi sesuai dengan tingkat itu, kamu akan tergantikan dengan sangat cepat. UI iPhone, dengan segala hormat atas penemuan ini, sekarang sudah berumur 5 tahun.”

Ada poin yang benar soal ini, iOS memang belum berubah sedikitpun sejak pertama kali diperkenalkan. Tentu ada beberapa fitur yang memang ditingkatkan, namun kurang lebih tampilannya masih terlihat sama. Supaya lebih adil, Heins tidak hanya mengatakan iOS itu jadul, namun juga mengakui kehebatan iPhone.

“Apple did a fantastic job in bringing touch devices to market […] They did a fantastic job with the user interface, they are a design icon. There is a reason why they were so successful, and we actually have to admit this and respect that.”

“Apple telah melakukan kerja yang sangat baik dalam membawa device layar sentuh ke pasaran. Mereka melakukan kerja yang sangat baik dengan user interface, mereka adalah ikon desain. Ada alasannya mengapa mereka sangat berhasil, dan kita memang mengakui hal ini dan menghormatinya.”

Bagaimana dengan pendapat kalian sendiri? Apakah benar iOS terlihat sedikit jadul?

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.