Facebook Akan Segera Memiliki Fitur Hashtag?

Facebook

Facebook dikabarkan akan mengimplementasi sistem hashtag, sebuah fitur yang dipopulerkan oleh Twitter. Nantinya, sama seperti Twitter, pengguna Facebook dapat dengan mudah mencari percakapan/status lain yang menggunakan hashtag yang sama untuk melihat apa yang dikatakan oleh orang lain mengenai topik terkait hashtag tersebut.

Seperti pertama kali diberitakan oleh Wall Street Journal, kabar ini diberitahukan kepada Wall Street Journal oleh seseorang yang memiliki hubungan dengan Facebook. Orang tersebut juga mengatakan bahwa belum ada kabar kapan Facebook akan memperkenalkan fitur hashtag ini.

Seperti yang kita ketahui, hashtag adalah salah satu fitur yang sangat erat kaitannya dengan Twitter. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengategorikan tweet mereka menjadi sebuah topik, misalnya hashtag #breaking untuk memberitahukan berita yang sedang hangat, ataupun #jakarta untuk memberitahukan bahwa tweet tersebut ada hubungannya dengan kota Jakarta.

Facebook kemungkinan akan menggunakan sistem yang sama, yang mana pengguna dapat mengeklik hashtag yang ada, dan nantinya post-post lain yang memiliki hashtag yang sama akan muncul (tentunya apabila Anda memiliki hak akses untuk melihatĀ post tersebut). Sebetulnya, Instagram, anak perusahaan Facebook, sudah menggunakan sistem ini sejak lama. Instagram menggunakan hashtag untuk membantu pengguna mengategorikan gambar berdasarkan topik ataupun lokasi, misalnya #holiday, #office, #havingfun, #jakarta, dan lain-lain.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.