Selengkapnya Mengenai Samsung Galaxy S 4

Galaxy S4 001

Event peluncuran Samsung Galaxy S 4 baru saja selesai dilaksanakan. Kalau Anda follow @techrity, di Twitter, mungkin Anda juga sudah mengetahui beberapa fitur baru yang diperkenalkan Samsung di smartphone terbaru mereka ini. Mari kita simak pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Event ini diselenggarakan oleh Samsung di sebuah theater di New York, Amerika Serikat. Berbeda dengan pengumuman produk baru pada umumnya, Samsung menggunakan drama sebagai media untuk mendemonstrasikan fitur-fitur tersebut. Konsepnya cukup unik, memang. Ada beberapa orang di atas panggung, semuanya memiliki Galaxy S 4, mendemonstrasikan fitur-fitur smartphone terbaru tersebut, sambil seorang narator menjelaskan secara lebih mendetail mengenai fitur yang sedang didemonstrasikan. Sesekali diselipkan sebuah lelucon yang cukup sering mengundang tawa penonton. Contohnya adalah pada saat demonstrasi S Translator, di mana diceritakan seorang warga Amerika sedang berjalan-jalan di China dan bertemu dengan orang China yang tidak dapat berbahasa Inggris, padahal ia ingin menanyakan jalan ke stasiun. Ia pun menggunakan fitur S Translator untuk dapat berkomunikasi dengannya. Setelah sukses, si orang Amerika pun pergi. Dan apa yang dilakukan oleh China yang tadi? Ia berbicara dengan narator…. dengan bahasa Inggris. Hal tersebut pun membuat satu theater tertawa.

Kembali ke topik utama, Galaxy S 4. Jadi, apa saja fitur-fitur baru yang diusung smartphone yang bisa dibilang paling dinanti di sepanjang awal 2013 ini? Mari kita lihat satu persatu.

Galaxy S4 002

Spesifikasi

Spesifikasi dari Galaxy S 4, tentu saja, lebih tinggi daripada spesifikasi dari Galaxy S3. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari smartphone ini.

Layar: 5 inci 1080p (1080×1920) Super AMOLED, dengan 441 ppi (pixel per inch)
Prosesor: Samsung Exynos 5 Octa (versi internasional), 1,9 GHz quad-core Snapdragon (versi Amerika)
RAM: 2GB
Sistem Operasi: Android 4.2.2 Jelly Bean
Kamera: Kamera belakang 13 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel
Memori internal: 16GB, 32GB, 64GB, dengan slot MicroSD sampai dengan 64GB
Dimensi: 69,8mm x 136,6mm x 7,9mm
Berat: 130g
Baterai: 2600 mAh, dapat dicopot (removable)
Warna: White Frost dan Black Mist

Desain

Seperti yang dijelaskan oleh petinggi Samsung beberapa hari yang lalu, Galaxy S 4 masih menggunakan plastik. Lebih tepatnya adalah plastik polikarbonat. Dengan menggunakan plastik, ada keuntungan dan kekurangan dari smartphone ini. Keuntungannya adalah bobot yang lebih ringan dan tahan banting, sedangkan kekurangannya adalah smartphone ini terasa tidak premium saat digenggam.

Selain bahannya yang sama, Galaxy S 4 juga tidak memiliki perubahan desain signifikan dari Galaxy S3. Bentuknya masih cukup mirip, tetapi sangat tipis untuk ukuran smartphone berlayar 5 inci. Ketebalannya sendiri hanya 7,9 mm, dan beratnya pun hanya 130 gram.

Samsung juga masih mempertahankan baterai yang dapat dilepas, tidak seperti vendor lain yang mulai membuat smartphone dengan casing belakang yang tidak dapat dilepas. Dengan begitu Anda pun dapat membeli baterai cadangan kalau-kalau diperlukan.

Layar

Smartphone keluaran Samsung memang terkenal memiliki kualitas layar yang baik. Tidak terkecuali dengan Galaxy S 4. Layar yang digunakan adalah 1080p Super AMOLED dengan ukuran 5 inci yang memiliki pixel per inch setinggi 441. Resolusi tersebut menjadikannya panel Super AMOLED dengan resolusi tertinggi yang diproduksi masal.

Dan karena teknologi yang digunakan adalah Super AMOLED, maka Anda akan mendapatkan viewing angle yang sangat baik, dan warna hitam yang sangat gelap seperti yang terdapat pada Galaxy S1, Galaxy S2, dan Galaxy S3.

Layar ini juga memiliki fitur baru yaitu Floating Touch, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi hanya dengan mendekatkan jari ke layar dan tanpa menyentuhnya. Mirip dengan fitur Floating Touch yang terdapat pada Galaxy Note, tetapi tanpa menggunakan S Pen, melainkan cukup menggunakan jari Anda.

Oh iya, layar dari Galaxy S 4 juga dapat digunakan pada saat Anda menggunakan sarung tangan!

Kamera

Semakin ke depan, kamera di smartphone semakin baik, dan sudah dapat menggantikan kamera pocket. Tidak terkecuali kamera yang diusung oleh Galaxy S 4. Kamera yang digunakan oleh Samsung di Galaxy S 4 sama (persis, karena pabrikannya sama) dengan Sony Xperia Z. Kamera tersebut adalah sebuah kamera 13 megapiksel. Dan seperti yang sudah-sudah, kamera ini juga dapat digunakan untuk merekam video Full HD (1080p).

Untuk kamera depannya, disematkan sebuah kamera 2 megapiksel yang juga dapat merekam video Full HD dan juga dapat digunakan untuk video chat. Selain itu, kamera ini juga merupakan elemen penting dalam fitur eye tracking. Kalau fitur eye tracking di Galaxy S3 memungkinkan Galaxy S3 untuk tetap menyala selama Anda masih melihat layarnya, maka di S 4 fitur tersebut dikembangkan. Kini apabila Galaxy S 4 sedang memutar video dan mata Anda tidak menatap layar, maka video tersebut akan berhenti secara otomatis. Fitur tersebut disebut Smart Pause. Anda juga dapat melakukan scroll hanya dengan menyapukan tangan Anda di depan smartphone, tanpa menyentuhnya.

Dua kamera di Samsung Galaxy S 4 ini juga menarik karena memiliki fitur dual camera recording. Dengan fitur ini, Anda dapat merekam dua buah video secara bersamaan, dengan menggunakan kamera belakang dan kamera depan. Dengan begini si pengambil video pun dapat ikut “nimbrung” di video yang ia buat.

Prosesor

Ada dua jenis Galaxy S 4 yang akan masuk pasaran. Versi pertama adalah internasional, yang menggunakan prosesor Samsung Exynos 5 Octa, sebuah prosesor 8 core dari Samsung sendiri. Sedangkan versi Amerika akan menggunakan prosesor Snapdragon 600 quad-core 1,9 GHz.

Prosesor Snapdragon 600 sudah cukup banyak digunakan oleh vendor lain, dan memang memiliki kekuatan yang sangat mumpuni untuk aplikasi-aplikasi Android yang sedang populer sekarang.

Sedangkan yang menarik adalah prosesor untuk pasar internasional, yaitu Exynos 5 Octa. Prosesor ini memiliki 8 core, yaitu 4 core Cortex-A7 untuk tugas ringan, dan 4 core Cortex-A15 untuk tugas berat. Jadi sebetulnya secara teknis delapan core dalam prosesor ini tidak pernah berjalan secara bersama-sama, melainkan bergantian tergantung tugas apa yang sedang diperintahkan oleh pengguna smartphone ke Galaxy S 4 mereka.

Aplikasi Lain

Selain fitur-fitur di atas, Galaxy S 4 juga memiliki beberapa fitur yang membedakannya dengan smartphone-smartphone pada umumnya. Berikut adalah beberapa aplikasi tersebut:

Group Play

Dengan fitur ini, Anda bersama teman-teman Anda dapat mendengarkan musik secara bersama-sama dan tersinkronisasi. Fitur ini mendukung sampai dengan 8 Galaxy S 4.

Samsung KNOX

Ini adalah fitur Samsung untuk enterprise. Fitur ini sudah diumumkan Samsung pada event Mobile World Congress yang baru saja berlalu. Untuk lebih lanjutnya, silakan baca artikel ini.

S Voice Drive

S Voice kini memungkinkan Anda untuk menggunakan smartphone Galaxy S 4 untuk berkendara. Dengan menggunakan S Voice Drive, Anda dapat melakukan navigasi tanpa menyentuh smartphone Anda sama sekali.

S Translator

Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak mengerti bahasa Anda. Tinggal sebutkan saja kalimat yang Anda inginkan bahasa Anda, maka Galaxy S 4 akan menyuarakan kalimat Anda tersebut dalam bahasa yang Anda pilih. Sementara ada 10 bahasa yang didukung oleh fitur ini. Sayangnya bahasa Indonesia belum tersedia.

Eraser

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghapus orang yang tidak sengaja lewat pada saat Anda mengambil foto. Tentunya ini sering terjadi pada saat Anda mengambil foto di keramaian. Pada saat Anda mengambil burst shot, Samsung Galaxy S 4 akan mendeteksi orang-orang lewat tersebut, dan menggantinya dengan latar belakang kosong.

Story Album

Dengan fitur ini, Anda dapat membuat sebuah kolase dari foto-foto yang Anda ambil dari lokasi yang sama atau waktu yang berdekatan. Kini Anda dapat membuat album untuk liburan Anda, ataupun pesta Anda semalam. Anda juga dapat meminta untuk di-print-kan hardcopy-nya, dan hardcopy tersebut akan dikirimkan langsung ke tempat Anda!

Harga dan Tanggal Kehadiran

Samsung tidak menjelaskan secara detail mengenai harga, tetapi mereka menyebutkan bahwa harganya akan sama dengan smartphone premium dari Samsung yang sebelumnya. Jadi siapkan dana sekitar 6,5-7 juta untuk mendapatkannya!

Untuk kehadirannya, di Amerika Serikat sendiri smartphone ini akan hadir pada kuartal kedua tahun 2013. Sedangkan untuk kehadiran di Indonesia kemungkinan besar tidak akan jauh berbeda, bahkan bisa jadi di Indonesia smartphone ini hadir lebih dahulu. Mari kita tunggu saja kabar resmi dari Samsung Indonesia!

Jadi, apakah Anda tertarik dengan smartphone terbaru dari Samsung ini?

Berikut adalah video resmi dari Samsung mengenai Galaxy S 4.

 

Gambar via Samsung Mobile

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.