Pembuat Android, Andy Rubin, Tidak Lagi Memimpin Proyek Android

Andy Rubin

Kabar baik atau kabar burukkah ketika Anda mendengar bahwa sang pencipta sebuah produk tidak lagi memimpin proyek pengembangan produk tersebut? Setelah hal tersebut terjadi pada Windows 8 dan Steven Sinofsky beberapa waktu lalu, kini hal tersebut terjadi pada Andy Rubin dan Android.

Melalui blog Google, CEO Google, Larry Page mengumumkan bahwa Andy Rubin tidak akan lagi memimpin proyek Android. Lalu siapa orang yang akan menggantikannya?

Adalah Sundar Pichai yang sebelumnya menjabat sebagai Senior Vice President of Android di Google, kini akan menggantikan posisi Andy Rubin sebagai pemimpin Android.

Lalu pertanyaannya, bagaimana nasib Android ke depannya dan kemana Andy Rubin?

Pertama, untuk nasib Android, Sundar Pichai sebelumnya menjadi bagian dalam tim yang mengembangkan Chrome dan Apps. Perkembangan Chrome saat Sundar Pichai ada dalam tim tersebut juga sangat luar biasa menurut Larry.

Larry bercerita pada tahun 2008, Google Chrome merupakan sebuah web browser yang masih baru dan sangat kecil, tetapi kini Google Chrome sudah menjadi salah satu web browser yang paling favorit di seluruh dunia. Jadi sepertinya masalah untuk keberlangsungan dan kemajuan Android di masa yang akan datang tidak perlu diragukan lagi.

Dan pertanyaan kedua, kemana Andy Rubin?

Dalam artikel blog yang ditulis oleh Larry Page, Larry menjelaskan bahwa Andy Rubin akan tetap di Google, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah proyek apa yang akan dikerjakan oleh Andy Rubin selanjutnya? Larry mengatakan:

Andy’s decided it’s time to hand over the reins and start a new chapter at Google.

Andy memutuskan saatnya untuk menyerahkan kendali dan memulai bab baru di Google.

Menarik kita simak proyek apa yang akan selanjutnya dikerjakan oleh Andy Rubin, apakah itu Google Glass? Chrome OS dan Chromebook? Atau Google sedang mengembangkan suatu hal yang baru lainnya yang belum kita ketahui? Tidak ada yang mustahil.

Di bawah kepemimpinan Andy Rubin sendiri, Android berkembang dengan luar biasa dan kini sudah menjadi sistem operasi open source yang luar biasa. Larry Page mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 750 juta gadget Android dan 25 milyar aplikasi di Google Play. WOW!

Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: CNET

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.