Inikah Motorola XPhone?

Motorola Android

Sebuah video yang menampilkan smartphone Motorola tidak dikenal yang menjalankan sistem operasi Android baru saja di-upload di YouTube. Apakah ini merupakan X Phone yang disebut-sebut tengah dikembangkan oleh Google dan Motorola?

Pada tahun 2011 yang lalu, Google membeli divisi mobile Motorola, Motorola Mobility, senilai $12,5 miliar dolar. Sejak saat itu, Google belum sekalipun tampak memanfaatkan Motorola sepenuhnya, karena bisa dibilang belum ada smartphone Android yang tampak ditonjolkan oleh Motorola.

Tetapi sebuah video yang di-upload ke YouTube menampilkan sebuah smartphone yang tampaknya adalah buatan Motorola, dan tampak menjalankan Android tanpa skin alias stock Android. Apakah ini adalah smartphone Nexus dari Motorola? Atau X Phone, sebuah smartphone yang disebut-sebut sedang dikembangkan oleh Google dan Motorola?

Video ini di-upload oleh sebuah situs teknologi asal Vietnam, TinhTe.

Perangkat ini memiliki desain yang cukup sederhana dengan bagian ujungnya tampak halus, dan di bagian belakangnya memiliki bentuk sederhana dengan kamera yang terletak di tengah atas dengan logo M.

Dalam hal spesifikasi, smartphone ini cukup mumpuni. Menurut klaim dari TinhTe, smartphone ini memiliki layar HD 4,65 inci, dan prosesor Snapdragon S4 Pro dari Qualcomm, serta RAM sebesar 2GB.

Menariknya adalah smartphone ini muncul dua bulan sebelum konferensi developer Google, Google I/O 2013 (yang tiketnya baru saja dijual dan langsung ludes dalam 49 menit), diadakan. Apakah kira-kira smartphone ini ada hubungannya dengan acara tersebut?

Sampai saat ini baru video ini saja yang membuktikan bahwa smartphone ini ada. Kita lihat saja bagaimanakah perkembangannya.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.