Google Akan Pensiunkan Google Reader

Google Reader

Google baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memensiunkan Google Reader. Salah satu aplikasi pembaca RSS paling populer tersebut akan dipensiunkan pada tanggal 1 Juli 2013 yang akan datang. Selain itu ada juga beberapa aplikasi lain yang akan dipensiunkan oleh Google.

Google Reader merupakan salah salah satu aplikasi yang akan dipensiunkan dalam rangka kegiatan “bersih-bersih” yang sedang dilakukan oleh Google. Aplikasi-aplikasi yang dipensiunkan tersebut merupakan aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak memiliki cukup banyak pengguna, ataupun tidak akan dikembangkan lagi karena alasan-alasan tertentu.

Google mengatakan bahwa Google Reader akan dipensiunkan karena penggunanya akhir-akhir ini semakin sedikit. Sehingga Google pun mengambil keputusan untuk menutup aplikasi tersebut, supaya para pegawai Google dapat berfokus pada layanan-layanan yang memiliki lebih banyak pengguna.

Selain Google Reader, Google juga menutup beberapa layanan antara lain Snapseed untuk Mac dan Windows, CalDAV API, beberapa fitur dalam AppScript, serta Google Voice untuk BlackBerry.

Tapi yang paling menarik perhatian adalah pemensiunan Google Reader. Layanan ini sebenarnya masih cukup populer di kalangan media dan orang-orang yang gemar mengonsumsi berita.

Google menyarankan bagi Anda yang ingin melakukan backup terhadap feed yang ada di Google Reader, dapat menggunakan aplikasi Google Takeout.

Memang penggunaan RSS reader dalam beberapa tahun terakhir ini cukup menurun, mengingat adanya aplikasi yang lebih “cantik” seperti Twitter dan Pulse serta Flipboard.

Apakah Anda sampai sekarang masih menggunakan aplikasi RSS Reader seperti Google Reader? Aplikasi apakah yang Anda gunakan?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.