Hanya 16% Pengguna Mau Mencoba Kembali Aplikasi yang Buggy

Aplikasi Mobile

Pertanyaan untuk para developer: apakah aplikasi Anda masih memiliki bug? Apabila jawabannya iya, sebaiknya Anda segera meng-update dan membasmi semua bug yang ada (apalagi yang mengganggu), karena sebuah penelitian menyebutkan hanya 16% pengguna yang mau memberi kesempatan ketiga bagi aplikasi yang dianggap buggy.

Pernyataan tersebut merupakan hasil studi yang dilakukan oleh Compuware, seperti yang diberitakan oleh TechCrunch. Dari penelitian yang sama juga ditemukan bahwa 56% pengguna pernah mengalami masalah dengan aplikasi mobile, yang 62% di antaranya pernah mengalami aplikasi crash, 47% merasa aplikasi lambat saat dibuka, 40% mengalami aplikasi tidak mau terbuka, dan 37% menganggap aplikasinya tidak berfungsi seperti semestinya.

Sementara itu ternyata 85% pengguna smartphone masih lebih percaya dengan aplikasi mobile ketimbang dengan situs mobile. Pengguna juga menganggap aplikasi lebih nyaman (55%), lebih cepat (48%), dan lebih mudah dijelajahi (40%).

Sementara itu untuk faktor kepercayaan, 79% pengguna mau mencoba kembali aplikasi yang mengalami masalah sebanyak satu kali, tetapi hanya 16% pengguna yang mau “percaya” dengan aplikasi yang telah mengalami masalah sebanyak dua kali.

Sebagai informasi, ada sekitar 800.000 aplikasi di App Store milik Apple, sedangkan ada 750.000 aplikasi di Google Play (Android). Dan melihat bisnis aplikasi smartphone yang masih akan terus berkembang, bisnis pengembangan aplikasi mobile masih terbuka lebar bagi Anda yang ingin mencobanya. Berminat?

 

Gambar via biznessapps

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.