Samsung Rajai Penjualan Smartphone di China

Samsung

Perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan, Samsung, telah mengklaim kedudukannya sebagai yang pertama untuk penjualan smartphone di China untuk pertama kalinya di tahun 2012.

Menurut postingan berita di Yonhap News, Samsung telah menjual 30,06 juta smartphone di China tahun 2012 lalu, naik tinggi dari 10,09 juta unit di tahun sebelumnya. Data yang ditulis oleh Strategy Analytics menunjukkan bahwa Samsung telah meningkatkan 17.7% pasar penjualan smartphone di China.

Ini merupakan kali pertama Samsung merajai pasar penjualan smartphone di China sejak tahun 2009 lalu. Seperti yang diketahui, China merupakan salah satu pasar penjualan smartphone terbesar di dunia. Oleh karena itu, hasil penjualan Samsung di China tentu mempengaruhi nilai jual beli smartphone Android. Nampaknya, Android semakin digemari oleh para pengguna smartphone di China.

Kabar baik untuk Samsung, namun bukan kabar baik untuk Nokia. Tahun 2011, Nokia merangkap 29.9% penjualan smartphone di China namun menurun drastis di tahun 2012, hingga menjadi 3,7%. Dari peringkat pertama turun ke peringkat ketujuh. Sedangkan pembuat smartphone ternama di negeri China sendiri, yaitu Lenovo, menempati peringkat kedua, dengan penjualan 13,2%, naik 4% dari tahun sebelumnya.

Untuk peringkat ketiga diikuti oleh Apple yang mencapai 11%, lalu Huawei 9.9% dan Coolpad 9,7%. Pemerintahan China sempat kecewa dengan dominasi Android di ekosistem smartphone China. Namun, hal tersebut tidak begitu menjadi masalah, karena Google belum begitu mendapatkan perhatian dari masyarakat China.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.