Berapa Banyak Kalori Terbuang Saat Melakukan Klik dengan Mouse?

mouse click

Kalori dapat terbuang jika seseorang melakukan aktivitas berat, seperti olahraga. Ternyata tidak dengan olahraga saja, hal-hal kecil pun dapat membuat kalori tubuh terbakar. Seperti contohnya melakukan klik di mouse saat sedang bekerja.

Banyak para pekerja kantoran berada di depan laptop dan memegang mouse untuk waktu yang lama. Mungkin pernah terpikir, apakah dengan duduk di depan laptop tersebut dapat membuang kalori atau tidak? Tentu hal itu terpikir pula oleh para gamers yang selalu menggunakan keyboard dan mouse untuk melakukan video gaming. Pernah terpikir bahwa hal tersebut adalah salah satu cara untuk membakar kalori?

Salah satu penelitian di Jepang ternyata memeriksa berapa kalori yang dibakar saat melakukan klik denganĀ mouse yang kita gunakan. Lewat buku “Convert Anything To Calories” yang diterbitkan oleh PHP Science World Shinsho, telat tercatat berapa banyak kalori yang digunakan untuk satu kali klik di mouse.

Dikutip dari post RocketNews 24, ternyata, untuk melakukan satu kali klik dengan mouse mengeluarkan 1,4 kalori. Perhitungannya berdasarkan berat, volume, dan pergerakan sebuah jari telunjuk. Dengan berat sebuah jari telunjuk 11,7 gram, volume 10,8 centimeter kubik, dan pergerakan sebuah jari telunjuk untuk melakukan satu klik mengeluarkan 16,7 micromoles ATP (Adenosine Triphosphate). Wow, cukup menarik ya perhitungannya.

Jadi, kalau dihitung secara garis besar, laki-laki bisa menghabiskan sekitar 2000 kalori sedangkan perempuan menghabiskan sekitar 1700 kalori. Tentu hal ini tergantung dari usia dan jenis pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan mouse. So, sah-sah aja olahraga otot jari dengan menggunakan mouse. Tapi tetap jangan melupakan olahraga yang asli yah.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.