Lagi, Motorola Mengurangi Jumlah Karyawan Mereka Sebanyak 1200 Karyawan

Google Motorola

Google membeli Motorola dengan harga yang tidak murah yaitu sekitar 12,5 milyar dollar pada tahun 2012. Namun upaya Google untuk ‘merenovasi’ Motorola belum selesai, kini Motorola kembali mengurangi jumlah karyawan mereka sebanyak 10%, dan hal ini berdampak di Amerika Serikat, India, dan Cina.

Seperti diberitakan oleh TheNextWeb, sejak dibeli oleh Google, Motorola sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan efisiensi, salah satunya dengan mengurangi jumlah karyawan sebanyak 4000 karyawan pada tahun lalu. Tidak hanya itu, Motorola juga keluar dari negara Korea Selatan, yang juga mengurangi sekitar 500 karyawan.

Usaha Google ‘merenovasi’ Motorola habis-habisan belum selesai sampai disana, Motorola kembali mengurangi 10% dari karyawan mereka, yang artinya sekitar 1200 karyawan yang tersebar di Amerika Serikat, India, dan Cina.

Sebuah laporan mengatakan kepada Wall Street Journal:

While we’re very optimistic about the new products in our pipeline, we still face challenges. Our costs are too high, we’re operating in markets where we’re not competitive and we’re losing money.

Kami sangat optimis mengenai produk baru dari kami, namun kami masih menghadapi tantangan. Biaya yang terlalu tinggi, kami beroperasi di pasar di mana produk-produk kami tidak kompetitif dan kami kehilangan uang.

Hal ini diperjelas dengan pernyataan seorang juru bicara Motorola kepada TheNextWeb:

These cuts are a continuation of the reductions we announced last summer. It’s obviously very hard for the employees concerned, and we are committed to helping them through this difficult transition.

Pemotongan ini merupakan kelanjutan dari pengurangan yang kami umumkan musim panas lalu. Hal ini jelas sangat sulit bagi karyawan yang bersangkutan, dan kami berkomitmen untuk membantu mereka pada masa transisi yang sulit ini.

Wajar saja apabila hal ini dilakukan oleh Motorola, mengingat laporan keuangan Motorola pada kuartal ketiga tahun 2012, biaya kerugian akibat operasional Motorola adalah sebesar 500 juta dollar. Sedangkan pada kuartal keempat tahun 2012, biaya tersebut sebesar 350 juta dollar. Bisa Anda bayangkan kerugian yang diderita Motorola secara keseluruhan pada tahun 2012?

Bagaimana menurut Anda? Mampukah Motorola bangkit berkat bantuan akuisisi dari Google?

 

Sumber gambar: TechnoBuffalo

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.