F-Secure: Android Sistem Operasi Mobile dengan Keamanan Paling Rentan

Android Malware

Salah satu isu utama dari sistem operasi Android adalah keamanan, tak jarang dilaporkan sistem operasi ini memiliki keamanan yang sangat rentan terhadap malware. Meskipun saat ini Android saat ini merupakan sistem operasi mobile paling populer di seluruh dunia dan pertumbuhannya sangat pesat, masalah keamanan sepertinya belum dianggap serius oleh para penggunanya.

Menurut laporan terbaru dari F-Secure, pada kuartal keempat tahun 2012, pertumbuhan ancaman keamanan di sistem operasi Android naik dari angka 49 (di kuartal ketiga) ke angka 96. Sedangkan berbagai sistem operasi mobile lainnya seperti BlackBerry, iOS, J2ME, dan Windows Mobile, bisa dibilang sebagai sistem operasi yang sangat aman (mendekati angka 0). Yang paling menarik adalah penurunan angka yang ada pada sistem operasi Symbian.

F-Secure New Mobile Threat Families and Variants

F-Secure juga menghadirkan perbandingan ancaman-ancaman keamanan yang ada di berbagai sistem operasi mobile (Android, J2Me, Symbian, Windows Mobile, iOS, dan BlackBerry) dari tahun ke tahun, mulai dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012.

F-Secure Threats Families and Variants By Platform

Menariknya, di tahun 2010 dan 2011, F-Secure tidak menemukan ancaman keamanan pada sistem operasi iOS dan BlackBerry, jadi bisa disimpulkan bahwa kedua sistem operasi ini adalah sistem operasi mobile yang paling aman dari ancaman keamanan. Sedangkan Android, sudah menunjukkan perkembangan ancaman keamanan yang signifikan sejak tahun 2011.

Momentum Apple

Menariknya, hal ini dimanfaatkan oleh salah seorang petinggi Apple, Phil Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing dari Apple. Menurut TechnoBuffalo, Phil Schiller terkenal jarang memanfaatkan akun Twitter-nya untuk nge-tweet atau memberikan informasi kepada para followers-nya, tetapi ia memanfaatkan momentum ini untuk ‘menyerang’ Android secara tersirat.

Kenyataannya memang demikian, sebelum tweet ini, terakhir kali Phil nge-tweet adalah tanggal 25 Desember 2012, untuk mengucapkan selamat natal. Bagaimana menurut Anda?

Berhati-hatilah para pengguna Android

Tentunya bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Android, mulai sekarang Anda harus ekstra hati-hati apabila melakukan kegiatan yang berhubungan dengan internet. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari link-link yang mencurigakan, serta melihat kembali semua hak akses yang telah Anda berikan terhadap aplikasi-aplikasi yang ter-install di gadget Anda.

Besar kemungkinan gadget Android Anda sudah disusupi sebuah malware tanpa Anda sadari, sehingga hal tersebut tidak menutup kemungkinan apabila sang pembuat malware mendapatkan data-data Anda selama ini. Jadi, berhati-hatilah.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.