Apple Akan Menggunakan Prosesor Intel untuk iPhone dan iPad Generasi Selanjutnya?

ss-intel-ivy-bridge-processor

Selama ini, dari iPhone pertama kali diluncurkan hingga iPhone terbaru, iPhone 5, Apple selalu membuat chip processor mereka sendiri. Terakhir, chip tersebut diberi nama Apple A6, namun kabar terbaru beredar bahwa Apple tidak akan lagi membuat komponen tersebut sendiri, karena Apple akan menggunakan prosesor dari Intel untuk iPhone dan iPad generasi selanjutnya.

Intel selama ini memang sudah tak diragukan lagi sebagai salah satu perusahaan pembuat prosesor terhebat di dunia, namun Intel masih berfokus kepada prosesor-prosesor PC, sedangkan untuk mobile seperti yang digunakan pada smartphone dan tablet, dikuasai oleh perusahaan lain.

Reuters sendiri mengabarkan bahwa seorang sumber mengatakan kepada mereka, tidak dijelaskan apakah sumber tersebut merupakan karyawan Apple atau Intel, bahwa Apple dan Intel telah melakukan perbicangan mengenai hal ini selama beberapa tahun terakhir, namun kedua belah pihak belum mencapai kesepakatan bersama.

Intel sendiri beberapa waktu lalu mengumumkan kerjasama dengan perusahaan pembuat chip prosesor lainnya, Altera, untuk mendesain dan memproduksi chip baru. Dan mengingat pasar mobile semakin kuat dan menjanjikan, bisa saja Intel saat ini sedang melakukan uji coba prosesor jenis baru untuk gadget-gadget mobile.

Intel sebelumnya juga menghasilkan kerjasama yang cukup sukses dengan Apple, salah satunya adalah Thunderbolt, sebuah port yang dapat menghubungkan sebuah komputer dengan berbagai macam hal dan memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibanding USB 3.0, yaitu sekitar 10 Gbps.

Hal ini masih sebatas rumor, tetapi tidak menutup kemungkinan akan segera menjadi kenyataan, karena Intel memang memiliki spesialisasi perusahaan pembuat prosesor, sedangkan dari sisi Apple, bisa saja hal tersebut meningkatkan efisiensi perusahaan serta meningkatkan mutu dan kualitas dari produk-produk Apple yang akan datang.

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.