YouTube Akan Rilis Layanan Streaming Musik Tahun Ini?

YouTube Logo 550px

Banyak rumor mengenai Google yang akan membuka layanan streaming musik sebagai lawan Spotify. Kabar baru akhirnya muncul, ternyata bukan Google sendiri, melainkan YouTube yang masih di bawah Google akan merilis layanan streaming musik.

Menurut Bloomberg, untuk menyediakan layanan streaming musik ini, Google sedang bernegosiasi dengan beberapa label musik ternama. Google yang juga merupakan pemilik YouTube, sedang mendiskusikan beberapa pembaruan terhadap website YouTube berkenaan dengan musik-musik yang dibuat dalam bentuk video dan di-post oleh pengguna.

Nantinya, layanan streaming musik yang baru ini akan  menyediakan jutaan lagu bagi pengguna untuk berlangganan secara bulanan, kurang lebih sama dengan Spotify.

Layanan baru yang akan dibuat oleh YouTube ini akan mengijinkan para pengguna untuk mendengarkan lagu secara gratis. Namun, jika berlangganan, akan ada fitur-fitur tambahan yang bisa diakses pengguna, misalnya tidak ada iklan saat mendengarkan lagu, menurut laporan Fortune.

Untuk menanggapi hal ini, YouTube mengeluarkan pernyataan sebagai berikut.

“While we don’t comment on rumour or speculation, there are some content creators that think they would benefit from a subscription revenue stream in addition to ads, so we’re looking at that.”

“Meskipun kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi, ada beberapa penyedia konten yang merasa mereka akan mendapatkan keuntungan dari berlangganan lewat streaming sebagai tambahan dari iklan, jadi kami sedang melihat akan kemungkinan hal tersebut.”

Spotify memang belum menyediakan layanan streaming musik untuk Indonesia, namun geliat Spotify di dunia internasional cukup memuaskan. Spotify ternyata mempunyai 24 juta pengguna aktif, dimana 1/5 dari mereka adalah pengguna yang membayar. Akankah YouTube berhasil mencipatakan layanan streaming musik baru untuk menantang Spotify?

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.
  • anton1991

    apa ini berarti google mau bersihin konten video2 yg isinya lagu yg dikasih lirik & translasi ke bahasa lokal ya? 😐