Galaxy S4 Akan Tetap Menggunakan Plastik. Kenapa?

Galaxy Note 8

Seorang eksekutif Samsung menceritakan bahwa Galaxy S4 akan tetap menggunakan plastik. Beliau juga menceritakan mengapa Samsung memilih tetap menggunakan plastik dan tidak berpindah ke material yang lebih solid seperti besi atau aluminium.

Tentunya keputusan Samsung ini membuat banyak orang kecewa, karena banyak orang (termasuk saya pribadi) yang berharap Samsung meningkatkan kualitas fisik smartphone-nya dan menggunakan material lain yang lebih solid. Namun mengapa Samsung memilih untuk tetap menggunakan plastik?

Seperti yang kita ketahui, smartphone Samsung biasanya menggunakan bahan plastik sebagai casing belakangnya. Banyak pengguna yang kurang suka dengan casing plastik, karena terasa “murahan”.

Apabila dibandingkan dengan vendor lain, smartphone Samsung memang salah satu yang masih menggunakan plastik. HTC dan Nokia contohnya, smartphone mereka seringkali menggunakan material seperti aluminium maupun metal sehingga memberikan kesan lebih solid. Begitu juga iPhone, yang menggunakan kaca untuk 4 dan 4s, serta aluminium untuk iPhone 5.

Ketika diwawancarai oleh CNET, Y.H. Lee, executive vice president di Samsung Mobile, membeberkan mengapa perusahaannya masih mempertahankan plastik.

Ketika Samsung merancang ingin memilih material apa, Samsung tidak hanya memilih untuk melihat sisi keindahan dan kualitas dari perangkatnya, tetapi juga mempertimbangkan bagaimana kecepatan dan efisiensi untuk merancang produk tersebut, karena mereka tahun produk tersebut akan dijual dalam volume yang amat besar. Oleh karena itu Samsung harus mempertimbangkan kemudahan dalam memproduksi, dan daya tahan dari smartphone itu sendiri.

Samsung berpendapat bahwa dengan menggunakan casing plastik, maka smartphone keluaran mereka akan terasa lebih ringan, dan lebih kuat karena plastik bisa ditekuk dan tidak mudah rusak apabila jatuh.

Jadi nampaknya Samsung akan masih memilih menggunakan plastik untuk smartphone mereka, karena alasan-alasan di atas. Bagaimana, apakah Anda menyukai smartphone berbahan plastik karena lebih ringan dan tahan jatuh, ataukah Anda lebih menyukai jenis lain karena terasa lebih solid saat digenggam?

Apapun bahannya, Samsung Galaxy S4 akan hadir minggu depan, tepatnya 14 Maret 2013. Smartphone ini adalah penerus dari Galaxy S3, salah satu smartphone terpopuler saat ini. Apakah Galaxy S4 akan sepopuler Galaxy S3? Mari kita lihat nanti!

 

Ilustrasi: Galaxy Note 8, Tablet terbaru dari Samsung.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.