[Infografis] 21 Cara Google Mendapatkan Uang Melalui Mobile

google-mobile-monetization

Pada tahun 2012 kemarin, Google mencapai rekor keuntungan tertinggi dalam sejarah perusahaannya. Hal ini kemudian diikuti dengan naiknya posisi Google ke peringkat kedua sebagai salah satu perusahaan paling dikagumi di dunia. Produk-produk Google sebagian besar memang dapat kita nikmati secara gratis, lalu bagaimana cara Google meraih keuntungan?

Apakah dari iklan yang ada di search engine saja?

Sebuah perusahaan digital advertising, WordStream, melakukan penelitian bagaimana cara Google mendapatkan uang melalui mobile (tidak termasuk desktop). Hasilnya, ada 21 cara yang dilakukan Google untuk memonetisasi mobile, meskipun aplikasi-aplikasi dan layanan-layanan tersebut diberikan sebagian besar secara gratis kepada konsumen.

Apa saja hal tersebut? Sebut saja Google AdWords hingga Google Goggles, atau mungkin Google Glass dan Chromebook Pixel, dua produk terbaru dari Google suatu saat nanti juga bisa jadi akan menghasilkan uang bagi Google. Satu hal yang menarik adalah, Google kini juga punya sebuah terminal khusus untuk para eksekutifnya di sebuah bandara.

Apa saja cara-cara Google untuk mendapatkan uang melalui mobile? Simak infografis berikut ini.

google-mobile-monetization2

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.