Seagate Merilis Media Penyimpanan SSHD Generasi Terbaru

Seagate SSHD

Seagate baru saja merilis generasi terbaru dari media penyimpanan hybrid mereka, yang diberi nama SSHD (Solid Storage Hybrid Drive), yang ditujukan untuk desktop maupun laptop. SSHD merupakan media penyimpanan dengan kecepatan tinggi seperti SSD, tetapi memiliki ukuran yang besar dan juga murah seperti HDD.

SSHD adalah sebuah drive yang berisi sebuah HDD (Hard Disk Drive) berukuran besar yang digabungkan dengan SSD (Solid State Drive). Seperti yang kita ketahui, HDD memiliki keungulan dalam segi ukuran memori yang besar dan harganya yang lebih murah, sedangkan SSD memiliki keunggulan kecepatan dalam pengaksesan data, tetapi memiliki harga yang cukup mahal. Dengan menggabungkan kedua jenis drive tersebut, maka didapatlah SSHD, sebuah drive berukuran besar dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada HDD, tetapi dengan harga yang murah.

SSHD berukuran 3,5 inci tersedia dalam ukuran 1TB dan 2TB, disertai dengan SSD berukuran 8GB. Sedangkan SSHD berukuran 2,5 inci setipis 7 mm yang ditujukan untuk laptop tersedia dalam ukuran 500GB dan 1TB, juga disertai dengan SSD berukuran 8GB.

Seagate sendiri menjanjikan kecepatan lima kali lebih cepat ketimbang HDD 5.400 rpm di laptop. Sedangkan untuk versi desktop-nya, SSHD dari Seagate ini diklaim lebih cepat empat kali lipat ketimbang HDD desktop biasa.

 

via Seagate

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.