Samsung Membeli Saham Sharp

Sharp

Samsung dikabarkan sedang dalam tahap pembicaraan dengan Sharp. Perusahaan asal Korea Selatan ini ingin berinvestasi dalam bentuk saham di Sharp, dengan nilai investasi mencapai lebih dari $100 juta.

Menurut catatan dari CNN Money, Samsung telah menyetujui bahwa mereka akan membeli sebagian saham dari Sharp, yang saat ini sedang berjuang untuk memperbaiki keadaan perusahaan yang posisi ekonominya sedang tidak stabil. Samsung dikabarkan membeli 3$ saham Sharp, dengan nilai transaksi $122 juta. Sebagai balasannya, Samsung akan mendapatkan panel LCD untuk televisi dan smartphone dari pabrik asal Jepang tersebut.

Kesepakatan ini unik karena kedua perusahaan tersebut memiliki lini bisnis yang cukup mirip, yaitu produksi layar baik itu layar televisi maupun smartphone. Dan fakta lainnya adalah, Sharp merupakan salah satu supplier besar bagi Apple.

Samsung bukanlah satu-satunya perusahaan yang membeli saham di Sharp. Sebelumnya, Qualcomm, sebuah perusahaan chip asal Amerika Serikat, juga membeli saham Sharp sebesar 2,6%. Dan Sharp juga pernah berpikir untuk menjual saham mereka sebesar 9,9% kepada Hon Hai, perusahaan asal Taiwan, tetapi perundingan tersebut akhirnya tidak menemukan titik kesepakatan.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.