TweetDeck for Android, iPhone, dan AIR Akan Dipensiunkan

TweetDeck

TweetDeck mengumumkan bahwa layanan TweetDeck for Android, iPhone dan AIR akan dipensiunkan dalam waktu dekat, tepatnya bulan Mei yang akan datang. Nantinya, TweetDeck, perusahaan yang dibeli Twitter pada tahun 2011 ini, hanya akan hadir di aplikasi berbasis web, Mac, dan Windows. Selain itu TweetDeck juga akan meniadakan integrasi dengan Facebook.

Melalui blog mereka, TweetDeck mengumumkan bahwa TweetDeck untuk Android dan iPhone dalam waktu dekat akan mengalami gangguan layanan akibat perpindahan versi Application Programming Interface (API) mereka. TweetDeck for Android dan iPhone hingga sekarang masih menggunakan Twitter API versi 1.0, sehingga apabila tim TweetDeck ingin TweetDeck for Android, iPhone, dan AIR dapat terus hidup, mereka harus mengadopsi API versi terbaru yang ada di Twitter. Tetapi tampaknya tim TweetDeck memilih untuk memensiunkan TweetDeck for Android, iPhone, dan AIR karena mereka ingin fokus ke Tweetdeck for Web, Chrome, dan Mac serta Windows.

Melalui kesempatan yang sama, tim TweetDeck juga mengumumkan bahwa TweetDeck for Web dan Chrome akan selalu mendapat pembaruan paling pertama, diikuti oleh TweetDeck for Mac dan Windows.

Apakah mungkin Twitter sudah tidak menganggap TweetDeck sebagai proyek penting? Nampaknya tidak, karena pada kesempatan yang sama tim TweetDeck juga menyebutkan bahwa:

“Our weekly web releases have been possible because we’ve nearly doubled the size of the TweetDeck team over the past six months.”

“Pembaruan mingguan kami dimungkinkan karena tim TweetDeck telah berkembang menjadi dua kali lipat dalam enam bulan terakhir.”

Sementara itu pengumuman bahwa TweetDeck akan menghapuskan integrasi Facebook juga disebutkan di blog yang sama, tetapi hanya dalam satu kalimat.

“We’ll also discontinue support for our Facebook integration.”

“Kami juga akan menghentikan dukungan integrasi terhadap Facebook.”

Apakah ini artinya TweetDeck nantinya sama sekali tidak akan dapat digunakan untuk membuka Facebook?

 

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.