Samsung Galaxy S IV Akan Memiliki Teknologi Eye Tracking?

eye-tracking

Pernahkah terbayang oleh Anda bahwa Anda tidak lagi perlu melakukan scroll untuk pindah halaman atau melakukan suatu hal dalam smartphone atau tablet Anda? Bagaimana jika gadget tersebut dapat ‘melihat’ mata Anda dan scrolling akan secara langsung dapat dilakukan dengan mengikuti pergerakan bola mata Anda? Sebuah rumor beredar bahwa dikabarkan Samsung Galaxy S IV akan memiliki fitur seperti itu.

Seorang karyawan Samsung yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada New York Times, bahwa smartphone yang akan diluncurkan pada 14 Maret mendatang ini akan memiliki teknologi demikian. Smartphone tersebut akan melacak mata Anda dan menentukan arah scrolling berdasarkan pergerakan mata Anda. Terdengar seperti teknologi masa depan bukan? Tetapi jika memang demikian, ini akan menjadi sangat luar biasa!

New York Times menjelaskan:

When users read articles and their eyes reach the bottom of the page, the software will automatically scroll down to reveal the next paragraphs of text.

Saat pengguna membaca sebuah artikel dan mata mereka mencapai pada bagian bawah halaman, software akan secara otomatis melakukan scroll ke bawah untuk menampilkan paragraf atau teks berikutnya.

Sumber juga tidak menjelaskan teknologi apa yang digunakan untuk melacak pergerakan bola mata pengguna, ia juga tidak mengatakan apakah fitur ini nantinya akan didemonstrasikan atau tidak pada acara peluncuran yang diadakan di New York.

Samsung nampaknya sekarang sudah mulai untuk memfokuskan diri juga di software, mengingat berdasarkan rumor terakhir dari spesifikasi Samsung Galaxy S IV tidak sehebat yang kita kira. Dan teknologi ini bisa jadi pengembangan dari teknologi yang sebelumnya sudah ada di Samsung Galaxy S III, yaitu Smart Stay.

Benarkah Samsung Galaxy S IV akan memiliki fitur seperti ini? Mari kita tunggu jawabannya pada tanggal 14 Maret mendatang.

 

Sumber gambar: DigitalTrends

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.