Quadrocopter Ini Bermain Lempar Tangkap Tongkat

Quadrocopter Lempar Tangkap Tongkat

Kalau selama ini quadrocopter biasa digunakan untuk bermain-main dan melakukan trik-trik sederhana seperti salto di udara, sekelompok peneliti membuat algoritma yang memungkinkan dua buah quadrocopter bermain lempar tangkap tongkat!

Video ini dibuat oleh beberapa orang di Zurich Flying Machine Arena milik Eldgenössische Technische Hochschule Zürich (ETH), yaitu institut teknologi Zurich.

Di dalam proyek ini, dua buah quadrocopter yang ada harus berada dalam posisi yang sesuai dan sudut yang benar supaya dapat menghasilkan lemparan maupun tangkapan tongkat yang baik.

Atraksi ini dimulai oleh sebuah quadrocopter yang melemparkan sebuah tongkat ke udara. Teknik pelemparan tongkat yang dilakukan oleh quadrocopter ini bernama inverted pendulum. Setelah itu, quadrocopter kedua, datang menghampiri tongkat yang sedang ada di udara, kemudian menangkapnya sambil menyeimbangkannya supaya tidak jatuh, dengan gerakan yang mirip dengan yang dilakukan oleh seorang badut ketika menyeimbangkan sebuah objek di kepala mereka.

Tongkat yang digunakan di dalam eksperimen ini cukup panjang, sehingga adalah sebuah prestasi bagi orang-orang di dalam proyek ini untuk dapat membuat algoritma yang memungkinkan sebuah quadrocopter untuk melempar, menangkap, dan sekaligus menyeimbangkan tongkat tersebut.

Bagi Anda yang tertarik dengan pembahasan teknikal dari teknik pelemparan dan penangkapan dari quadrocopter ini, silakan baca pembahasannya di sini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.