Apple dalam Edukasi: 1 Milyar Download iTunes U dan 8 Juta iPad

Setelah dinobatkan menjadi “World’s Most Admired Company“, kini Apple baru saja mendapatkan pencapaian baru dalam sejarah perusahaan. Apple sampai saat ini memang bisa dibilang sebagai perusahaan yang menyediakan ekosistem paling baik dalam produk-produknya terutama dalam sistem operasi Mac dan iOS.

Melalui press release dari Apple, Apple mengumumkan bahwa konten-konten edukasi yang ada di dalam iTunes U telah di-download sebanyak 1 milyar kali, baik itu secara gratis maupun berbayar. Luar biasa?

Tentu saja, Apple memberi sebuah perubahan positif kepada dunia pendidikan, khususnya di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Para pengajar, guru, atau dosen sekarang bahkan bisa membuat kelas, tugas, kuis, hingga ujian melalui aplikasi-aplikasi yang ada di iOS, begitu juga dengan para murid.

Apple juga mengatakan para pengguna aplikasi tersebut berasal dari 1.200 universitas dan 1.200 sekolah K-12 (setara SD dan SMP). Senior Vice President of Internet Software and Services, Eddy Cue, mengatakan:

It’s inspiring to see what educators and students of all types are doing with iTunes U.

Sangat menginspirasi apabila melihat apa yang dilakukan oleh para pengajar dan siswa dengan iTunes U.

Ia melanjutkan:

With the incredible content offered on iTunes U, students can learn like never before ― there are now iTunes U courses with more than 250,000 students enrolled in them, which is a phenomenal shift in the way we teach and learn.

Dengan konten-konten luar biasa yang ditawarkan pada iTunes U, siswa bisa belajar dengan cara yang tidak pernah ada sebelumnya – saat ini ada 250.000 siswa yang terdaftar dalam program pembelajaran iTunes U, ini merupakan suatu perubahan yang fenomenal dalam cara belajar mengajar.

Selain konten-konten edukasi iTunes atau iTunes U, Apple juga mengumumkan bahwa ada lebih dari 8 juta iPad yang saat ini digunakan untuk edukasi. iPad dan iTunes U menjadi sebuah kombinasi untuk menggantikan buku pelajaran yang banyak dan berat, serta dengan menggunakan kedua hal ini secara bersamaan proses belajar mengajar dapat menjadi lebih menarik dibandingkan yang sudah ada sebelumnya.

Sistem belajar mengajar sudah mulai berubah mengikuti perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini, inilah alasan utama manusia menciptakan teknologi dan komputer, yaitu untuk memudahkan kehidupan manusia.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Kapan Indonesia akan sampai ke tahap proses belajar mengajar seperti ini? Hmm…. Bagaimana jika Anda yang memberikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah?

 

Sumber gambar: Edudemic

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.