Google Menjelaskan Bagaimana Search Engine Bekerja

Google Search Works

Google, sebuah perusahaan raksasa internet yang awal mulanya berbisnis search engine. Tetapi pernahkah Anda bayangkan apa saja teknologi di balik mesin pencari tersebut sehingga hasil pencarian yang Anda cari dapat muncul dalam hitungan sepersekian detik dan dengan jumlah yang tidak sedikit?

Google menghadirkan sebuah website yang memungkinkan Anda sebagai orang awam untuk memahami bagaimana cara kerja search engine mereka. Tiga hal utama yang dilakukan oleh search engine untuk menampilkan hasil pencarian adalah:

  1. Crawling and Indexing
  2. Algorithms
  3. Fighting Spam

Terdengar sederhana? Tidak juga sebenarnya. Karena untuk melakukan tahap pertama, search engine Google harus ‘mengobok-ngobok’ lebih dari 30 triliun halaman website (dan terus bertambah) yang ada di dunia maya. Setelah itu, Google melakukan penyortiran berdasarkan konten dan beberapa faktor lainnya, dan hal tersebut disimpan dalam sebuah index. Index pun tidak sederhana, kapasitasnya saat ini sudah mencapai lebih dari 100 juta GB.

Setelah itu, pada tahap kedua, Google menyiapkan sebuah formula dan program dengan algoritma khusus untuk menghadirkan hasil pencarian yang semakin mendekati apa yang Anda ingin temukan di internet. Algoritma ini melakukan pengecekan terhadap konten-konten yang sangat detil di dalam website, mulai dari pengejaan, auto complete, sinonim, dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut, Google mencari di dalam index yang telah mereka miliki.

Tidak sampai disitu, hasil index pun dibuatkan sebuah ranking dengan mempertimbangkan 200 faktor yang ada di dalam website yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Setelah itu baru ditampilkan dalam halaman hasil pencarian Anda.

Sudah mulai bingung? Lalu bagaimana dengan melawan spam-spam yang beredar di internet? Mungkin akan lebih mudah memahaminya jika Anda langsung melihat website interaktif dari Google yang menceritakan “How Search Works“.

 

Sumber gambar: How Search Works

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.