[Intermezzo] YouTube Juga Bisa Ber-Harlem Shake

Harlem Shake Army

Bukan Google namanya kalau tidak menyisipkan easter egg unik di produk-produk mereka. Kini, mengikuti demam Harlem Shake yang sedang terjadi di seluruh dunia, salah satu produk Google, YouTube, menyisipkan sebuah kode yang memungkinkan Anda untuk memerintahkan situs tersebut berjoget Harlem Shake.

Google telah menyisipkan kode di halaman YouTube yang memungkinkan halaman ini berjoget mengikuti irama Harlem Shake, seperti yang terjadi dengan Techrity di artikel ini.

Bedanya adalah, untuk “menyuruh” YouTube berjoget, Anda hanya perlu mengetikkan sebuah keyword di pencarian YouTube. Keyword tersebut adalah “do the harlem shake”.

Segera setelah Anda mengetikkan keyword tersebut dan menekan enter, halaman YouTube yang ada akan langsung berjoget mengikuti irama Harlem Shake dar DJ Baauer ini, lengkap dengan musiknya!

Harlem Shake adalah fenomena internet yang sedang booming saat ini, di mana para pesertanya meng-upload sebuah video singkat berdurasi 30 detik yang terbagi menjadi dua bagian, bagian pertama yaitu detik 0-15 berisi satu orang berjoget sendirian, lalu bagian kedua yaitu detik 16-30, di saat musik mulai “drop”, seluruh orang di video ikut berjoget dengan gaya yang aneh-aneh. Harlem Shake begitu populer di dunia internet sampai-sampai lagu ini melesat dan menduduki posisi pertama dalam tangga lagu Billboard Top 100.

Beberapa easter egg populer dari Google yang mungkin dapat Anda coba di Google.com sekarang:

  • “Do a barrel roll”,
  • “Zerg Rush”,
  • “Binary”,
  • “Recursion”.

Dapatkah Anda menemukan keanehan-keanehan apa yang terjadi apabila Anda memasukkan keempat keyword di atas ke Google Search?

Dan sebuah easter egg paling menarik dari Google menurut saya. Coba ketikkan paragraf di bawah ini di dalam Google Translate (translate.google.com), lalu pilih agar penerjemahan yang dilakukan adalah dari bahasa Jerman menjadi bahasa Jerman. Google Translate akan melakukan Beat Box!

pv zk bschk pv zk pv bschk zk pv zk bschk pv zk pv bschk zk bschk pv bschk bschk pv kkkkkkkkkk bschk bschk bschk pv zk bschk pv zk pv bschk zk pv zk bschk pv zk pv bschk zk bschk pv bschk bschk pv kkkkkkkkkk bschk bschk bschk pv zk bschk pv zk pv bschk zk pv zk bschk pv zk pv bschk zk bschk pv bschk bschk pv kkkkkkkkkk bschk bschk bschk pv zk bschk pv zk pv bschk zk pv zk bschk pv zk pv bschk zk bschk pv bschk bschk pv kkkkkkkkkk bschk bschk bschk pv zk bschk pv zk pv bschk zk pv zk bschk pv zk pv bschk zk bschk pv bschk bschk pv kkkkkkkkkk bschk bschk bschk

 

Gambar via Kenneth Håkonsen (YouTube)

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.