Apple dan Google, Perusahaan Paling Dikagumi di Seluruh Dunia

Fortune, World's Most Admired Company

Apple dan Google, sama-sama perusahaan yang bidang bergerak bisnis teknologi informasi, di satu sisi mereka menjadi partner bisnis, di satu sisi mereka bersaing menjadi lawan bisnis. Apple baru saja dinobatkan sebagai perusahaan paling dikagumi di seluruh dunia, kemudian diikuti oleh Google.

Daftar ini berdasarkan daftar dari Fortune, “World’s Most Admired Company“, Apple dua tahun berturut-turut menduduki posisi nomor satu dalam daftar ini. Meskipun belakangan ini saham Apple cenderung turun, tetapi smartphone terbaru dari Apple, iPhone 5, juga baru saja dinobatkan sebagai smartphone paling populer di dunia.

Di posisi kedua, Google, raksasa internet yang tahun lalu cukup membawa perubahan dengan mulai merambah bisnis hardware mulai dari Nexus 4, Nexus 7, dan Nexus 10, Google Glass, dan yang terbaru Chromebook Pixel. Beberapa perusahaan teknologi lainnya yang masuk dalam daftar ini adalah Amazon, IBM, dan Microsoft. Fortune membuat daftar ranking ini dengan beberapa kriteria antara lain: inovasi, manajemen sumber daya manusia, penggunaan aset perusahaan, tanggung jawab sosial, kualitas manajemen, keuangan yang sehat, investasi jangka panjang, kualitas dari produk dan layanan, serta kekuatan persaingan di pasar global.

Inilah 20 daftar teratas perusahaan yang paling dikagumi di dunia:

  1. Apple
  2. Google
  3. Amazon
  4. Coca-Cola
  5. Starbucks
  6. IBM
  7. Southwest Airlines
  8. Berkshire Hathaway
  9. Walt Disney
  10. FedEx
  11. General Electric
  12. McDonald’s
  13. American Express
  14. BMW
  15. Procter & Gamble
  16. Nordstrom
  17. Microsoft
  18. Nike
  19. Whole Foods Market
  20. Caterpillar
fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.