Handphone Fleksibel? Tunggu 3 Tahun Lagi

Corning adalah salah satu perusahaan pembuat layar untuk smartphone Samsung Galaxy dan iPhone. Layar kaca smartphone tersebut biasa disebut dengan Gorilla Glass. Beberapa waktu belakangan, ada beberapa produsen smartphone yang ingin membuat handphone dengan layar kaca yang fleksibel. Apa kata Corning?

Menurut Bloomberg, saat interview di Beijing kemarin, Corning menyatakan bahwa untuk para produsen pembuat handphone, hendaklah bersabar jika ingin mewujudkan handphone dengan layar fleksibel. Butuh waktu 3 tahun untuk mengembangkan layar kaca yang fleksibel tersebut.

Corning memang sedang mengembangkan produk Willow Glass, yaitu kaca yang bisa ditekuk dan dilipat seperti koran. Jika produk ini nantinya telah rampung, tentu merupakan sebuah kesempatan emas bagi para produsen smartphone. Namun menurut petinggi Corning, James Clappin, mungkin ada beberapa masalah yang harus dihadapai jika ingin mengembangkan handphone layar fleksibel tersebut.

‚ÄúPeople are not accustomed to glass you roll up. The ability of people to take it and use it to make a product is limited.”

“Orang-orang belum terbiasa dengan kaca yang bisa digulung. Kemampuan orang-orang untuk menggunakan dan memakainya membuat produk tersebut menjadi sangat terbatas.”

Contohnya saja, Samsung pernah memamerkan teknologi layar fleksibel di CES 2013 kemarin. Ide teknologi yang luar biasa memang, namun penggunaannya tentu masih membuat banyak orang belum terbiasa. Apalagi, belakangan ini, Google baru saja merilis produk teknologi terbaru mereka, yaitu Google Glass. Apple pun tidak mau kalah ingin membuat jam tangan pintar.

Untuk para pembuat handphone tersebut, mereka harus menunggu 3 tahun. Namun, beberapa produk yang menggunakan layar kaca fleksibel ini akan diaplikasikan kemungkinan dalam tahun ini. Bukan untuk gadget, namun untuk beberapa produk simpel, seperti solar panel.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.