Samsung Memperkenalkan Samsung Wallet

Samsung Wallet

Di hari ketiga Mobile World Congress 2013, Samsung memperkenalkan sebuah aplikasi baru yang bernama Samsung Wallet. Dengan aplikasi ini, pengguna akan dapat menyimpan tiket acara, tiket pesawat, kartu keanggotaan (misalnya member department store), maupun voucher, secara digital, di satu tempat. Terdengar familiar?

Ya, aplikasi ini memang mirip dengan aplikasi Passbook yang ada di iOS.

Penjelasan singkat dari Samsung mengenai hal ini:

“Samsung Wallet is a convenient mobile app which allows users to store and manage event tickets, boarding passes, membership cards and coupons all in one place.”

“Samsung Wallet adalah aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengatur tiket event, tiket pesawat, kartu keanggotaan, dan kupon ke dalam satu tempat.”

Aplikasi ini, selain dapat menyimpan tiket-tiket seperti yang telah disebutkan di atas, juga memiliki fitur location based notification, yang artinya aplikasi ini akan memberikan Anda notifikasi apabila Anda berada di lokasi-lokasi tertentu, semisal di bandara atau di dekat department store yang kartu keanggotaannya Anda miliki.

Sayangnya aplikasi ini tidak memanfaatkan NFC untuk melakukan transaksi dengan aplikasi Samsung Wallet ini. Menurut catatan The Verge, ketika ditanya mengenai hal tersebut, Samsung mengatakan bahwa toko retail lebih menyukai barcode ketimbang NFC, karena mereka tidak ingin membayar lagi untuk memasang infrastruktur pendukung seperti NFC Reader dan lain-lain. Tetapi bukan tidak mungkin Samsung akan membuat NFC menjadi sebuah opsi pembayaran dalam Samsung Wallet di masa yang akan datang.

Saat ini Samsung Wallet baru tersedia untuk para pengembang, dan nantinya akan tersedia di Samsung App Store. Samsung mengatakan mereka telah bekerja sama dengan beberapa retailer seperti Belly, Walgreens, Expedia, Booking.com, Lufthansa, dan Hotels.com, serta akan menambahkan partner lain setelah aplikasi ini diluncurkan.

Bagi Anda para developer yang ingin melihat-lihat API dari Samsung Wallet, silakan bermain-main ke sini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.