Pembuat Android: Google Tidak Butuh Retail Store

Google HQ

Belum lama ini beredar rumor mengenai Google yang tengah berencana untuk membuat retail store mereka sendiri. Tetapi sang pembuat Android, Andy Rubin, memiliki pandangan yang berbeda mengenai hal tersebut, ia merasa bahsa Google tidak butuh retail store.

Dalam sebuah wawancara antara AllThingsD dengan Andy Rubin yang saat ini menjabat sebagai Chief Android, Andy Rubin mengeluarkan pernyataan yang menarik:

They don’t have to go in the store and feel it anymore.

Mereka tidak perlu pergi ke toko lagi untuk mencoba gadget tersebut.

Menurut Andy Rubin, dengan kemajuan teknologi internet, para calon pembeli harusnya sudah dapat memahami gadget yang ingin mereka beli, mereka bisa mendapatkan informasi dari berita, review, dan berbagai media lainnya. Sehingga tanpa harus merasakan secara langsung gadget tersebut di tangan Anda, Anda dapat memutuskan bahwa Anda ingin membeli gadget tersebut atau tidak.

Ia menambahkan:

Google has no plans and we have nothing to announce.

Google tidak memiliki rencana dan kami tidak memiliki hal yang perlu diumumkan.

Hmm… Apakah ini artinya Google benar-benar tidak akan merambah bisnis retail store dan benar-benar fokus terhadap apa yang mereka lakukan saat ini? Lalu bagaimana dengan Chromebook Pixel atau Google Glass? Kedua gadget ini berbeda dengan Nexus dan kebiasaan Google, karena tidak bekerjasama dengan vendor hardware untuk membuat produk tersebut.

Dengan demikian artinya Google akan merambah bisnis hardware, tetapi tidak akan membuat retail store? Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.