Haruskah Semua Orang Belajar Programming? [Update: Film Pendek]

Will.i.am - Code.org

Tak dapat dipungkiri, hidup Anda saat ini tak lagi dapat dipisahkan dari teknologi, baik itu sekedar handphone, tablet, ataupun laptop, hingga teknologi-teknologi canggih lainnya. Dengan demikian, maka semua orang yang menggunakan teknologi tersebut pasti akan menggunakan aplikasi atau software yang ada didalamnya, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Lalu, haruskah semua orang belajar programming?

Percayakah Anda, bahwa Steve Jobs pernah mengatakan:

Everybody in this country should learn how to program a computer. Because it teaches you how to think.

Semua orang di negara ini seharusnya mempelajari bagaimana cara membuat program komputer. Karena hal tersebut mengajarkan bagaimana Anda berpikir.

Ya, Steve Jobs dan banyak orang lainnya memiliki pandangan yang sama, bahwa dengan belajar programming dan algoritma, Anda belajar bagaimana cara berpikir dengan benar. Percaya atau tidak, itulah yang mereka katakan.

Dengan demikian, muncullah sebuah gerakan yang didalamnya turut serta antara lain: Bill Gates, Mark Zuckerberg, will.i.am, Chris Bosh, Jack Dorsey, Tony Hsieh, Drew Houston, Gabe Newell, Ruchi Sanghvi, Elena Silenok, Vanessa Hurst, dan Hadi Partovi.

Jangan kaget apabila Anda baru saja melihat nama salah satu personil Black Eyed Peas, will.i.am, atau salah seorang nama pemain NBA, Chris Bosh. Will saat ini tengah mengikuti kursus kelas programming dan Chris Bosh pun mengatakan:

Coding is something that can be learn.

Membuat program adalah suatu hal yang bisa dipelajari.

Mengapa orang-orang ini menggagas ‘ide gila’ yang awalnya dicetuskan oleh Steve Jobs? Karena menurut mereka dengan mempelajari dan mempunyai kemampuan membuat program, Anda seakan-akan memilik ‘superpowerLihatlah bagaimana Photoshop bisa begitu hebatnya memanipulasi gambar atau bagaimana ratusan ribu baris kode ditambah infrastruktur yang menunjang dapat membuat Anda mengirimkan surat elektronik dari satu benua ke benua lain dalam hitungan detik atau bahkan mengaransemen musik sekalipun.

Selengkapnya mengenai gerakan ini Anda bisa lihat di Code.org dan video berikut ini:

Bagaimana menurut Anda? Setujukah Anda bahwa semua orang di dunia harus belajar programming? Jika ya, menurut Anda kapan waktu yang tepat bagi seseorang untuk belajar programming? Sampaikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah.

The programmers of tomorrow are the wizards of the future.

Para programmer di hari esok adalah penyihir di masa yang akan datang.

-Gabe Newell, pembuat Valve

Update:

Saksikan short movie dari Code.org berikut ini yang disutradarai oleh Leslie Chilcott.

 

Sumber gambar: Code.org via YouTube

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.