BlackBerry Meluncurkan BBM Money di Indonesia

BlackBerry Money

BlackBerry baru saja meluncurkan BBM Money di Indonesia bekerja sama dengan Permata Bank. Aplikasi ini memungkinkan pengguna smartphone BlackBerry untuk melakukan transaksi secara real-time melalui platform BlackBerry.

Layanan yang diumumkan tahun lalu ini memungkinkan pengguna BlackBerry untuk membuat sebuah akun keuangan yang akan terintegrasi dengan akun BBM mereka, dan dapat digunakan untuk mentransfer uang dengan akun BBM orang lain. Selain itu, pengguna juga dapat membeli pulsa dengan menggunakan smartphone mereka.

Dengan aplikasi ini, pengguna BlackBerry, yang kebanyakan menggunakan BlackBerry mereka untuk kegiatan bisnis, dapat dengan lebih mudah melakukan transaksi perbankan.

Richard Johnson, direktur strategis dari Monitise Group menjelaskan mengapa Indonesia merupakan pasar yang sangat strategis untuk peluncuran ini:

“BlackBerry Messenger is the dominant short message communication platform in Indonesia, the fourth most populous country in the world with 240 million people,” he said in an interview. “There is also the country’s 90 percent mobile penetration and the fact that BlackBerry is the number one selling mobile smartphone there – more than half of all smartphones sold in Indonesia are BlackBerry devices. At a global level, what is really exciting here with real-time chat evolving through real-time engagement, is that you are effectively taking a social network and turning it into a payment network.”

“BlackBerry Messenger adalah platform pesan singkat paling dominan di Indonesia, negara dengan jumlah penduduk keempat terbanyak di dunia dengan 240 juta jiwa,” ujarnya dalam sebuah wawancara. “90 persen penduduk negara ini sudah memiliki ponsel dan BlackBerry adalah smartphone dengan penjualan tertinggi di sana – lebih dari setengah smartphone yang terjual di Indonesia adalah BlackBerry. Pada level global, yang paling menyenangkan dterkait real-time chat dan real-time engagement adalah bahwa Anda dapat mengubah jejaring sosial dan mengubahnya menjadi jaringan pembayaran.”

Biaya untuk berkirim uang di antara akun BBM adalah gratis, begitu juga mengisi pulsa. Tetapi apabila ingin melakukan transfer, ada biaya yang diberlakukan sesuai dengan kebijakan bank yang berlaku. Aplikasi ini membutuhkan BlackBerry OS 5 ke atas dan BBM 6 ke atas.

Sampai sekarang, penjualan BlackBerry di Indonesia dapat dibilang masih tinggi, setidaknya lebih tinggi daripada di negara-negara lain yang mulai meninggalkan BlackBerry untuk berpindah ke sistem operasi yang lebih modern seperti iOS dan Android. Dan bisa jadi BlackBerry akan tetap menjadi platform favorit di Indonesia beberapa tahun ke depan, karena tampaknya sistem operasi terbaru dari BlackBerry, BlackBerry 10, sempat menarik perhatian masyarakat Indonesia di sosial media.

Ingin mencoba aplikasi BBM Money ini? Silakan langsung download di BlackBerry World.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.