Aplikasi Google Settings Tiba-Tiba Muncul di Perangkat Android. Aplikasi Apakah Itu?

Google Settings 001

Para pengguna Android mungkin melihat ada sebuah aplikasi yang muncul secara tiba-tiba di daftar aplikasi Android mereka hari ini. Sebuah icon logo Google berwarna hijau dengan nama aplikasi “Google Settings”. Aplikasi apakah itu?

Sebelumnya, pada hari ini Google meluncurkan Google+ sign-in, yang memungkinkan seorang pengguna dapat masuk (login) ke dalam sebuah aplikasi atau website dengan menggunakan akun Google+ mereka, mirip dengan sistem Facebook atau Twitter Connect. Rupanya pada saat yang bersamaan, Google juga memberikan sebuah update ke Google Play Services, sebuah aplikasi yang bekerja di balik layar Android Anda, untuk mendukung fitur tersebut. Maka muncullah aplikasi berjudul Google Settings.

Google Play Services memang secara normal melakukan update secara berkala, untuk memastikan layanan Google yang ada di ponsel Anda berjalan dengan normal. Jadi aplikasi Google Settings ini sifatnya tidak berbahaya dan memang seharusnya ada di sana.

Google Settings

Apabila Anda membuka aplikasi ini, seperti yang juga disebutkan oleh Android Central, isinya adalah setting untuk aplikasi-aplikasi lain yang ada di ponsel Anda, seperti Google+ dan Maps. Anda juga dapat mengatur aplikasi dan website apa sajakah yang Anda izinkan untuk mengakses data Google Anda melalui menu pengaturan “Apps with Google+ Sign-In”.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.