[Intermezzo] Teknologi Telah Mengubah Postur Tubuh Manusia

technology

Teknologi memang sangat membantu manusia dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih efisien. Apalagi sekarang teknologi sudah tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari laptop, smartphone, hingga tablet. Semua teknologi tersebut ternyata telah mengubah postur tubuh manusia.

Menurut penelitian Steelcase terhadap 2.000 orang di 11 negara yang berbeda-beda, telah muncul 9 postur tubuh baru. 9 postur tubuh baru tersebut merupakan postur tubuh yang ditemukan saat orang-orang tersebut menggunakan teknologi. Postur tubuh seperti inilah yang berpotensi untuk menyebabkan sakit dan rasa tidak nyaman.

9-new-postures-steelcase

1. The Draw: Postur tubuh ini ada saat orang-orang menggunakan tablet. Jika dilakukan tanpa bantuan bantal,akan menyebabkan sakit di bagian belakang tubuh.

2. The Multi Device: Postur tubuh ini dilakukan saat orang-orang menggunakan lebih dari 1 gadget, yang menyebabkan posisi badan cenderung menghadap ke depan.

3. The Text: Smartphone kadang kala susah untuk digunakan, oleh karena itu banyak orang menggunakan smartphone dengan mengangkatnya. Hal ini bisa menyebabkan sakit di pundak.

4. The Cocoon: Postur tubuh ini biasa dilakukan saat orang-orang menggunakan smartphone dan tablet. Lutut ditekuk dan leher miring ke bawah dapat menyebabkan tubuh kurang bergerak dan tidak nyaman.

5. The Swipe: Kebanyakan orang-orang tidak mempunyai pegangan yang tinggi untuk melihat tablet, oleh karena itu, posisi ini selalu menghadap ke bawah yang bisa menimbulkan rasa sakit ke punggung dan leher.

6. The Smart Lean: Saat orang-orang melihat ke arah smartphone, ada kecenderungan untuk bersandar namun menjauh dari orang lain. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi lebih tegang.

7. The Trance: Postur tubuh ini sangat familiar untuk orang-orang yang bekerja menggunakan laptop. Tubuh mengarah kepada layar terus menerus dapat menyebabkan sakit di punggung dan leher.

8. The Take It In: Orang-orang yang mempunyai laptop dengan ukuran display yang besar cenderung untuk bersandar. Posisi ini baik-baik saja, asalkan kursi mempunyai pegangan yang nyaman.

9. The Strunch: Posisi ini sangat familiar untuk orang-orang yang menggunakan dan mengarah ke laptop terus menerus. Jika dilakukan terlalu lama akan menimbulkan sakit pada leher, pundak, pergelangan tangan dan tubuh bagian belakang.

Usahakan memilih tempat duduk atau kursi yang nyaman saat menggunakan gadget-gadget yang kalian miliki. Yang pasti, sering-sering bergerak apabila memang kalian harus berlama-lama di depan gadget.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.