Selengkapnya Mengenai Firefox OS

Firefox OS #1

Hari ini, Mozilla baru saja secara resmi mempresentasikan update terbaru mengenai sistem operasi mobile yang tengah mereka kembangkan, Firefox OS, dalam acara Mobile World Congress. Meskipun sudah mengeluarkan dua smartphone dengan Firefox OS untuk developer, pada kesempatan ini Mozilla mengumumkan pengembangan-pengembangan dan kerjasama-kerjasama baru dengan beberapa vendor smartphone.

Seperti diberitakan oleh TheNextWeb, Mozilla baru saja mengumumkan kerjasama mereka dengan LG dan Huawei untuk vendor smartphone yang nantinya akan menggunakan Firefox OS. Sampai saat ini sendiri, Mozilla telah merangkul dua vendor smartphone yaitu Alcatel dan ZTE.

Firefox OS #2

Dalam acara tersebut, Mozilla juga mendemokan kehebatan Firefox OS yang mereka miliki. Mozilla juga menjanjikan akan segera menghadirkan smartphone dengan Firefox OS di negara-negara seperti Brazil, Colombia, Hungary, Mexico, Montenegro, Poland, Serbia, Spain, dan Venezuela. Sedangkan untuk menjual produk terbaru mereka kepada para calon pengguna, Mozilla juga sudah menjalin kerjasama dengan 17 operator dari berbagai negara tersebut.

Berbeda dengan Ubuntu yang saat ini masih dalam tahap pengembangan bersama dengan developer dan ditargetkan untuk diluncurkan tahun depan. Firefox OS nampaknya sudah benar-benar siap untuk digunakan oleh para calon pengguna, 4 operator telekomunikasi dari berbagai negara mengatakan bahwa pada pertengahan tahun ini smartphone dengan Firefox OS akan siap mereka jual.

Untuk memfasilitasi dan memudahkan mendapatkan aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk digunakan oleh para penggunanya, Mozilla menghadirkan Firefox Marketplace, yang fungsinya mirip dengan Google Play, App Store, Windows Store, dan BlackBerry World. Beberapa aplikasi yang cukup terkenal seperti AccuWeather, Airbnb, Box, Cut the Rope, Disney Mobile Games, EA games, Facebook, Soundcloud, Pulse, Twitter, Wikipedia, dan lain sebagainya telah tersedia.

Mampukah Firefox OS menandingi berbagai sistem operasi mobile yang sudah ada saat ini seperti iOS, Android, Windows Phone, dan BlackBerry 10, atau sistem operasi mobile yang akan datang seperti Ubuntu dan Tizen? Bagaimana menurut Anda?

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba Firefox OS, namun tidak berkesempatan memiliki smartphone keon atau peak yang menjalankan Firefox OS bagi para developer, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan Firefox OS Simulator.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.