Dengan Wikipedia Zero, Siapa Saja Bisa Mengakses Wikipedia Secara Gratis Melalui Handphone

Wikipedia

Wikipedia adalah salah satu website paling banyak pengunjung di dunia, meskipun demikian sampai saat ini Wikipedia memiliki prinsip tidak akan ‘menjual’ website mereka untuk mendapatkan uang misalnya melalui iklan. Kini Wikipedia melanjutkan misi mereka yang mulia untuk memberikan akses kepada siapa saja terhadap ilmu pengetahuan melalui Wikipedia Zero.

Melalui websitenya, Knight Foundation memberikan hibahnya kepada Wikimedia Foundation untuk membantu Wikipedia agar bisa memberikan akses ilmu pengetahuan kepada siapa saja dan dimana saja. Dengan jumlah artikel ilmu pengetahun lebih dari 24 juta artikel, Wikipedia saat ini menjadi salah satu pusat ilmu pengetahuan paling lengkap di seluruh dunia.

Tujuan dari Wikipedia Zero adalah memberikan akses tersebut kepada siapa saja khususnya di negara-negara berkembang melalui handphone-nya secara gratis. Dengan demikian para pengguna yang ingin mencari informasi di Wikipedia tidak memerlukan paket internet di handphone-nya untuk bisa mengakses Wikipedia.

Kul Takanao Wadhwa menjelaskan:

With the program, users will send a text to Wikipedia and, within seconds, they will get the article to their phone.

Melalui program ini, para pengguna cukup mengirimkan SMS ke Wikipedia dan dalam hitungan detik, mereka akan mendapatkan artikel tersebut di handphone mereka.

Proyek ini sudah berjalan selama beberapa waktu, dan hasilnya pengguna Wikipedia bertambah 400% dalam enam bulan terakhir sejak proyek Wikipedia Zero diluncurkan.

Sejauh ini Wikipedia juga telah menandatangani kerjasama dengan empat operator telekomunikasi yang memiliki pengguna sekitar 230 juta pengguna di 31 negara. Selanjutnya, Wikipedia akan terus berusaha mengembangkan dan memperbaiki Wikipedia Zero agar artikel yang diterima melalui SMS dapat lebih sempurna dan up to date.

Pengetahuan adalah kekuatan. Wikipedia dengan proyeknya yang mulia bekerjasama dengan berbagai perusahaan di berbagai dunia untuk memberikan akses terhadap ilmu pengetahuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, terutama kepada orang-orang yang tinggal di negara berkembang secara gratis dan teknologi diharapkan dapat memfasilitasi hal tersebut. Wadhwa menambahkan:

Access to knowledge should be a human right

Akses terhadap ilmu pengetahuan seharusnya merupakan hak seorang manusia

Semoga saja proyek Wikipedia Zero ini dapat terus berkembang dan membantu orang-orang untuk mencari informasi.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.