Google Glass Dijual Akhir Tahun Ini dengan Harga $1500

Google Glass Detail

Perjalanan Google Glass dari pertama kali diluncurkan cukup panjang, mulai dari debut di panggung fashion show, mendapatkan penghargaan penemuan terbaik pada tahun 2012, hingga acara Glass Foundry untuk para developer yang tertarik membuat aplikasi yang terintegrasi dengan Google Glass. Kini Google mengatakan bahwa Google Glass akan dijual untuk umum pada akhir tahun ini.

Joshua Topolsky dari TheVerge kembali mengunjungi Google, kali ini ia mengunjungi kantor Google di New York dan melakukan wawancara mengenai Google Glass. Google nampaknya sudah serius mengembangkan proyek Google Glass sejak kira-kira 18 bulan yang lalu.

Josh melakukan wawancara dengan Steve Lee, Product Director dari Project Glass dan Isabelle Olsson, Lead Industrial Engineer dari Project Glass. Menariknya prototype pertama Google Glass sangat berbeda dengan Google Glass yang Anda lihat saat ini.

Google Glass Prototype

Prototype pertama Google Glass

Google Glass

Google Glass yang beredar saat ini

Selengkapnya mengenai Google Glass dan kunjungan dari tim TheVerge ke kantor Google, Anda bisa lihat pada video berikut ini.

Dalam wawancara tersebut, Steve Lee mengatakan kepada Josh bahwa Google menargetkan bahwa pada akhir tahun 2013 ini, Google Glass akan tersedia di retail store dan siapa saja dapat membelinya. Sehingga Anda pun dapat membeli dan mencoba Google Glass dengan harga US$ 1500 atau sekitar 14,7 juta rupiah (dengan asumsi US$ 1 = Rp 9.800).

Beberapa waktu yang lalu Google baru saja liris bagaimana cara kerja Google Glass dan ternyata Glass dapat melakukan berbagai hal yang dapat dilakukan oleh smartphone Anda seperti mengambil gambar, merekam video, menampilkan tampilan augmented reality seperti menunjukkan arah lokasi, hingga melakukan pencarian di Google, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Picture from Google Glass

Gambar yang diambil dari Google Glass

Selain itu Google Glass dapat dikoneksikan dengan smartphone Android atau iPhone Anda menggunakan bluetooth dan Anda dapat menggunakan internet dari smartphone Anda untuk digunakan di Google Glass.

Saat ini satu-satunya pesaing Google Glass adalah Vuzix, selain itu ada juga produk sejenis lensa kontak yang terdapat layar LCD di dalamnya, dan Microsoft pun dikabarkan juga memiliki proyek kacamata augmented realityApakah rencana Google Glass yang akan tersedia bagi para calon pembeli pada akhir tahun ini juga akan diiringi dengan rencana Google membuka retail store mereka yang dijanjikan juga pada tahun ini?

Google Glass Logo

Bagaimana menurut Anda? Anda tertarik untuk mencoba teknologi ini? Menurut saya, menghabiskan uang belasan juta rupiah untuk Google Glass jelas lebih layak dibandingkan untuk membeli Chromebook Pixel terbaru dari Google. Semoga saja Google Glass benar-benar merupakan teknologi yang dapat membantu manusia, tidak lagi masuk dalam daftar inovasi Google yang dipandang sebelah mata.

Google Glass masuk Indonesia? Lebih baik berharap daripada tidak sama sekali bukan?

 

Sumber gambar: TheVerge

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.