Ubuntu OS Untuk Smartphone dan Tablet Versi Developer Preview Sudah Tersedia

Ubuntu Smartphone

Canonical, perusahaan yang membuat Ubuntu, beberapa waktu yang lalu menjanjikan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone akan tersedia pada tanggal 21 Februari. Tak lama kemudian Ubuntu juga menyiapkan sistem operasi mereka versi tabletPerusahaan ini tergolong cukup cepat dalam mengembangkan sistem operasi mereka dan rencananya akan secara resmi meluncurkan sistem operasi ini pada tahun 2014.

Sekarang bagi Anda para developer yang tertarik mendalami lebih dalam mengenai sistem operasi Ubuntu sebelum Anda membuat aplikasi di platform tersebut, atau Anda penasaran untuk mencoba-coba sistem operasi Ubuntu, Anda sudah bisa men-download dan meng-install-nya di gadget Anda.

Sistem operasi Ubuntu tersedia untuk gadget-gadget Nexus antara lain Galaxy Nexus, Nexus 4, Nexus 7, dan Nexus 10. Sebelum melakukan instalasi Ubuntu pada gadget Anda, sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data yang ada di Android Anda, karena nantinya Anda dapat dengan mudah mengembalikan sistem operasi gadget Anda kembali ke Android, tetapi data-datanya yang ada didalamnya tentu akan hilang.

Sistem operasi Ubuntu yang Anda install pada gadget Anda, dapat menjalankan fungsi-fungsi aplikasi, koneksi GSM, termasuk menelpon dan sms untuk Galaxy Nexus dan Nexus 4. Selain tu fungsi kamera depan dan kamera belakang, WiFi juga dapat Anda lakukan, jadi Anda tak perlu khawatir sistem operasi ini meskipun baru developer preview tapi Anda dapat merasakan secara keseluruhan.

Selain itu, jika Anda ingin mengembalikan sistem operasi Anda ke Android, hal ini tidak sesulit yang Anda kira, karena Ubuntu juga telah menyiapkan tutorial-nya. Tetapi satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan instalasi sistem operasi ini di gadget Anda adalah Anda harus sedikit melakukan dan memahami coding.

Selengkapnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh Ubuntu mulai dari instalasi sistem operasi Ubuntu di gadget Anda sampai dengan bagaimana cara mengembalikan sistem operasi gadget Anda ke Android.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.