Sony Memperkenalkan PlayStation 4

Event PlayStation 4

Sony baru saja memperkenalkan secara resmi console terbaru mereka, PlayStation 4. PlayStation 4 merupakan console terbaru dari Sony ini merupakan penerus dari PlayStation 3 yang kini sudah berusia hampir tujuh tahun. Selain mempunyai spesifikasi yang tentunya lebih baik dibanding pendahulunya, PlayStation 4 juga memiliki controller baru!

Perancangan console ini sudah dimulai sejak lima tahun yang lalu, dan bertujuan untuk mengubah “ekosistem PlayStation”, begitu kata Mark Cerny, pembuat game Marble Madness, seperti dikutip dari Engadget.

Mark Cerny juga menyatakan bahwa PlayStation 4 dibuat dengan mengutamakan prinsip “dari developer, untuk developer.” Console ini memiliki antarmuka pengguna yang benar-benar baru, di samping beberapa fitur terbaru lain seperti controller baru sampai dengan fitur sharing.

Controller Baru

Controller PS4

Dari sisi controller, PlayStation 4 didukung oleh controller yang (untuk pertama kalinya) memiliki bentuk berbeda dengan pendahulunya. Memiliki nama DualShock 4, controller ini selain memiliki bentuk yang baru juga memiliki touchpad, tombo share, dan lubang untuk headphone. Selain itu, di bagian punggung controller terdapat sebuah lampu indikator yang akan dibaca oleh kamera 3D yang terdapat di console, untuk mengidentifikasi pemain mana saja yang sedang terhubung ke dalam sistem.

Share, Share, Share!

Pernahkah Anda ingin memamerkan skill Anda kepada teman-teman? Dengan menggunakan PlayStation 4 dan koneksi internet yang memadai, Anda dapat melakukan livestream permainan Anda sehingga teman-teman Anda pun dapat melihat bagaimana lincahnya Anda menggerakkan karakter-karakter di dalam game yang ada.

Remote Play

Dengan fitur Remote Play dan sebuah PlayStation Vita, Anda dapat memainkan game PlayStation 4 dengan cara yang unik, karena bukannya ditampilkan di layar TV Anda, game Anda akan di-streaming langsung ke layar PlayStation Vita Anda, sehingga Anda dapat memainkan game dengan grafik sekelas PlayStation 4 di dalam genggaman. Fitur ini sangat berguna apabila ada yang sedang ingin menonton TV, atau ketika Anda sedang ingin bermain game PlayStation 4 sambil tiduran.

Game

Mengingat PlayStation memiliki nama sebagai salah satu console game paling populer di dunia, maka game yang masuk pun cukup banyak. Disebutkan mulai dari Activision, Capcom, Square Enix, KONAMI, Rockstar, 2K, Ubisoft, dan lainnya akan ikut serta membuat game untuk platform PlayStation 4.

Seperti Apa Bentuk PlayStation 4? Kapan Tersedia?

Memang agak aneh, tetapi Sony tidak memamerkan bentuk dari console ini di sepanjang event peluncuran ini berlangsung. Untuk tanggal kapan akan dirilis, Sony hanya memberitahu bahwa console terbaru mereka akan dirilis pada musim liburan 2013, atau akhir tahun ini.

 

Gambar via Mashable, LATimes

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.