Billboard Mengubah Formula, Harlem Shake Melesat Ke Peringkat Pertama Billboard Hot 100

Harlem Shake Baauer

Billboard baru saja menambahkan view YouTube ke formula atau algoritma penentuan lagu terpopuler mereka. Hal tersebut membuat lagu Harlem Shake dari Baauer melesat ke peringkat pertama Billboard Hot 100 pada hari Rabu waktu setempat, atau Kamis WIB.

Seperti yang kita ketahui, Harlem Shake akhir-akhir ini menjadi viral setelah banyak sekali video-video berisi 30 detik awal lagu tersebut, yang kemudian diisi dengan berbagai macam joget yang cukup absurd, mengikuti irama lagu tersebut.

Penambahan YouTube ke dalam formula Billboard ini adalah cara bagi Billboard untuk mengetahui lagu apa yang sedang populer di masyarakat luas, mengingat semakin orang menggunakan media digital dan internet untuk mendengarkan lagu, salah satunya melalui YouTube dan Vevo.

Billboard sendiri, menurut catatan ABC News, telah mengumumkan hal ini pada hari Rabu waktu setempat, dengan pernyataan sebagai berikut:

Billboard is now incorporating all official videos on YouTube captured by Nielsen’s streaming measurement, including Vevo on YouTube, and user-generated clips that utilize authorized audio into the Hot 100 and the Hot 100 formula-based genre charts — Hot Country Songs, Hot R&B/Hip-Hop Songs, R&B Songs, Rap Songs, Hot Latin Songs, Hot Rock Songs and Dance/Electronic Songs — to further reflect the divergent platforms for music consumption in today’s world.

Billboard kini memasukkan seluruh video resmi dari YouTube yang ditangkap oleh perhitungan streaming dari Nielsen, termasuk Vevo yang ada di YouTube, dan klip-klip buatan pengguna yang menggunakan audio asli, ke dalam Hot 100 dan juga chart berbasis genre dari Hot 100 — Hot Country Songs, Hot R&B/Hip-Hop Songs, R&B Songs, Rap Songs, Hot Latin Songs, Hot Rock Songs and Dance/Electronic Songs — untuk lebih lanjut merefleksikan konsumsi musik di dunia masa kini.

Dan kebetulan sekali saat metode baru ini diterapkan oleh Billboard, ada banyak sekali video YouTube yang menggunakan irama Harlem Shake, sehingga lagu ini pun dianggap menjadi hits dan langsung melesat ke posisi pertama Billboard Hot 100, melewati Thrift Shop dari Macklemore yang sudah cukup lama bertengger di posisi pertama.

Menurut Anda, apakah langkah yang diambil oleh Billboard ini adalah langkah yang benar? Apakah Anda salah satu orang yang menggunakan YouTube sebagai media untuk mendengarkan lagu-lagu yang Anda sukai?

 

Gambar via Billboard

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.