Ubuntu OS Untuk Tablet, Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang dijanjikan sebelumnya, Canonical, perusahaan dibalik pembuat Ubuntu, merilis Ubuntu OS untuk tablet hari ini. Sebelumnya Ubuntu telah mengumumkan sistem operasi untuk smartphone. Kini melalui Ubuntu mencoba menyesuaikan diri dengan pasar, di mana mereka membuat sistem operasi berbagai macam hal mulai dari PC, tablet, smartphone, media center, gaming console, hingga smart TV. Seperti apa itu Ubuntu OS pada tablet?

Mark Shuttleworth dari Canonical menjanjikan sistem operasi Ubuntu untuk tablet sebagai:

It’s the cleanest, freshest, and most beautiful tablet experiences around.

Ini adalah sistem operasi untuk tablet yang terbersih, segar, dan paling indah tablet dari seluruh pengalaman menggunakan tablet.

Terkesan sedikit mirip dengan Windows 8, yang mana tampilan untuk PC, tablet, dan smartphone tidak jauh berbeda, konsep inilah yang digunakan Ubuntu dalam membangun sistem operasinya.

Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan oleh sistem operasi Ubuntu untuk tablet?

Multiple account

Berbeda dengan smartphone yang sifatnya benar-benar personal, tablet biasanya dapat di-share ke beberapa pengguna lainnya. Ubuntu untuk tablet memungkinkan fitur multiple account dan guest account layaknya sebuah PC yang Anda gunakan sehari-hari, sehingga para pengguna lain tidak dapat mengakses data-data Anda dan personalisasi yang Anda lakukan terhadap tablet tersebut.

Ubuntu - Multiple Account

Favorite apps

Bagian sebelah kiri dari tablet Ubuntu akan digunakan sebagai tempat meletakkan aplikasi-aplikasi yang sering Anda gunakan untuk memudahkan Anda dalam mengakses aplikasi tersebut dengan melakukan swipe dari bagian kiri tablet Anda.

Ubuntu - Favorite Apps

Multitasking

Multitasking adalah sebuah kewajiban bagi smartphone dan tablet pada saat ini, dimana Anda bisa menjalankan beberapa program bersamaan secara sekaligus tanpa menghentikan atau menutup program lain.

Ubuntu - Multitasking

Web dan native apps

Untuk membuat aplikasi di Ubuntu, Anda dapat menggunakan web application atau native application. Jika Anda menggunakan web application maka Anda akan menggunakan bahasa pemrograman HTML5, sedangkan untuk native application Anda akan menggunakan bahasa pemrograman QT/QML.

Side Stage

Anda seakan-akan menjalankan multitasking secara bersamaan mirip dengan yang ada di Windows 8 yang mana layar tablet Anda akan terbagi menjadi dua, menjalankan dua aplikasi bersamaan secara sekaligus. Di Ubuntu hal tersebut disebut “side stage” terletak disebelah kanan dan ukurannya sebesar ukuran layar smartphone, sehingga apabila aplikasi tersebut juga didesain untuk layar smartphone maka akan secara langsung menyesuaikan diri.

Ubuntu - Side Stage

Apps yang dioptimasi untuk tablet

Untuk jumlah aplikasi yang dioptimasi khusus untuk tablet, iPad masih tetap juaranya, karena iPad memiliki lebih dari 300 ribu aplikasi di AppStore yang dibuat khusus untuk layar iPad. Ubuntu belajar dari hal tersebut dan membuat hal serupa, mereka menjanjikan akan (dan mengajak para developer untuk turut serta) untuk membuat aplikasi yang diotpimasi khusus untuk tablet.

Notifikasi

Fitur notifikasi juga akan tersedia di tablet Ubuntu dan tidak akan menggangu Anda saat Anda sedang asik menggunakan aplikasi atau melakukan kegiatan.

Ubuntu - Notification

Sharing

Bukankah sebuah hal yang janggal apabila saat ini sebuah aplikasi atau sistem operasi tidak terkoneksi dengan jejaring sosial atau tidak memungkinkan Anda untuk melakukan sharing di jejaring sosial? Ubuntu menghadirkan hal tersebut dalam sistem operasi terbarunya.

Ubuntu - Sharing

Menyatukan smartphone dan tablet?

Sempat disinggung bahwa jika Anda memiliki smartphone Ubuntu Anda dapat menghubungkan smartphone tersebut ke tablet atau layar sentuh yang lebih besar sehingga smartphone tersebut akan secara langsung mengubah tampilan menjadi tampilan dari tablet Ubuntu (meskipun Anda hanya memiliki sebuah smartphone) secara langsung.

Ubuntu - Smartphone to Tablet

Selengkapnya Anda dapat melihat video berikut ini.

Mulai tanggal 21 Februari mendatang sistem operasi ini akan dirilis dalam developer preview bersamaan dengan Ubuntu untuk smartphoneBagi para developer yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sistem operasi ini dan membuat aplikasi pada sistem operasi ini Anda dapat mempelajari lebih lanjut di Ubuntu Developer.

Mampukah Ubuntu menyaingi para penguasa pasar mobile yang sudah ada saat ini? Bagaimana menurut Anda?

 

Update:

Sistem operasi Ubuntu versi Developer Preview telah tersedia

Sumber gambar: Ubuntu via YouTube

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.