Ubuntu Akan Merilis Sistem Operasi untuk Tablet Malam Ini

Ubuntu Tablet Time

Ubuntu memang mengumumkan kalau sistem operasi mereka, yang selama ini merupakan sistem operasi open-source untuk komputer, akan mulai dapat digunakan di smartphone. Rupanya, selain di smartphone, sistem operasi Ubuntu juga akan dapat digunakan di tablet, dan malam ini adalah event peluncurannya.

Apabila Anda melihat di website resmi Ubuntu, saat ini di bagian atas terlihat ada banner besar yang menggambarkan penghitungan mundur, dengan judul “Tick, tock, tablet time!”. Penghitungan mundur di website tersebut akan selesai pada pukul 11 malam Selasa, 19 Februari 2013.

Yang menarik adalah apabila event dari Ubuntu ini dilaksanakan pukul 11 malam ini, itu berarti event ini akan berlangsung bersamaan dengan event dari HTC, yang kemungkinan besar akan memperkenalkan smartphone HTC One. Apakah ini sebuah event yang sama, dan Ubuntu serta HTC akan beraksi di atas satu panggung?

Sebelumnya, Canonical, perusahaan di balik sistem operasi Ubuntu, mengumumkan bahwa Ubuntu akan dapat diinstal sebagai developer preview di Galaxy Nexus dan Nexus 4 pada 21 Februari yang akan datang, dan Ubuntu juga akan membantu menginstal sistem operasi tersebut kepada para developer yang hadir di Mobile World Congress yang akan berlangsung tanggal 25-28 Februari yang akan datang di Barcelona, Spanyol.

Sebagai informasi, smartphone Ubuntu pertama diperkirakan akan diluncurkan pada bulan Oktober tahun ini, walaupun belum ada informasi resmi mengenai siapakah vendor yang akan memproduksi smartphone terbaru ini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.