Microsoft Akan Segera Menghentikan Dukungan Untuk Windows 7 RTM

Windows 7

Bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7 RTM, kelihatannya Anda harus mulai berpikir untuk berpindah ke Windows 8, atau setidaknya Windows 7 non-RTM. Microsoft mengingatkan bahwa Windows 7 RTM akan selesai masa dukungannya pada bulan April mendatang.

Windows 7 RTM (“release to manufacturing“) akan disudahi masa dukungannya pada 9 April 2013, sesuai dengan ketentuan Microsoft yang menyatakan mereka akan memberhentikan dukungan produk ini 24 bulan setelah merilis service pack (SP) pertamanya.

Microsoft memang telah memberikan Windows 7 SP 1 kepada para konsumennya dalam bentuk pembaruan pada Februari 2011.

Meskipun Windows 7 RTM akan segera diakhiri, ini tidak berlaku bagi Windows 7 yang lainnya. Menurut catatan ComputerWorld, Microsoft akan terus mendukung Windows 7 lainnya dalam bentuk perbaikan bug dan perbaikan keamanan sampai dengan 13 Januari 2015, dan perbaikan keamanan saja hingga 14 Januari 2020.

Dan bagi Anda yang menjalankan Windows 7 RTM, sebenarnya ini bukan berarti komputer Anda tidak dapat dipakai, hanya saja Microsoft tidak akan memberikan pembaruan apapun terhadap sistem operasi Anda, sehingga Anda tidak akan berada di dalam situasi aman. Itulah sebabnya sebaiknya Anda segera berpindah ke sistem operasi lain yang lebih baru dan masih didukung oleh Microsoft, seperti Windows 8.

Yang uniknya lagi, Microsoft tampaknya makin mengurangi jumlah service pack yang diberikan untuk masing-masing software mereka. Windows XP dulu memiliki tiga SP, Vista memiliki dua SP, dan 7 memiliki 1 SP. Apakah ini artinya Windows 8, sistem operasi terbaru dari Microsoft, tidak akan mendapatkan SP sama sekali?

Kemungkinan lainnya adalah Microsoft akan merilis sistem operasi baru setiap tahunnya, tentunya dengan harga yang lebih affordable, mirip dengan sistem Apple, bernama Windows Blue.

 

Gambar via Microsoft

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.