Bill Gates Belum Puas Dengan Inovasi-inovasi Microsoft

Bill Gates on CBS News

Bill Gates, pendiri Microsoft yang saat ini menjabat sebagai Chairman dari Microsoft baru-baru ini mengatakan bahwa ia belum puas dengan inovasi-inovasi yang dilakukan Microsoft sejauh ini seperti Windows 8, Windows Phone 8, Microsoft Office 2013, dan berbagai produk Microsoft yang banyak diluncurkan tahun lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS News, awalnya Bill Gates berbicara mengenai Bill and Melinda Gates Foundation. Tetapi kemudian ia mulai membicarakan tentang Microsoft. Bill Gates mengakui bahwa Microsoft tidak mengambil kesempatan untuk memasuki dan mendominasi pasar mobile saat perusahaan tersebut memiliki kesempatan. Bill Gates mengatakan:

There’s a lot of things like cellphones where we didn’t get out in the lead early.

Ada banyak hal-hal seperti ponsel di mana kita tidak bisa lebih dulu memulai dan memimpin lebih awal.

Ia menambahkan:

We didn’t miss cellphones, but the way that we went about it didn’t allow us to get the leadership… So it’s clearly a mistake.

Kita tidak kehilangan pasar ponsel, tapi cara yang kita menuju hal tersebut tidak memungkinkan kita untuk menjadi pemimpin… Jadi ini benar-benar sebuah kesalahan.

Tetapi Bill Gates tidak menyebutkan apakah hal yang menjadi kesalahan dari Microsoft adalah Windows Mobile atau Windows Phone. Meskipun demikian saat ini Windows Phone 8 tengah bersusah payah untuk memperebutkan peringkat ketiga dalam mendominasi pasar mobile melawan BlackBerry, setelah peringkat pertama dan kedua dikuasai secara kokoh oleh Android dan iOS.

Meskipun demikian, Bill Gates memberikan pujian mengenai apa yang telah dilakukan Microsoft terhadap Windows 8, Surface, Bing, dan Xbox. Tetapi Bill Gates mengatakan bahwa produk-produk tersebut tidaklah cukup dengan mengatakan:

He (Steve Ballmer, CEO Microsoft) and I are not satisfied that in terms of breakthrough things that we’re doing everything possible.

Dia (Steve Ballmer, CEO dari Microsoft) dan saya tidak puas dengan hal terobosan-terobosan yang kami lakukan dalam segala sesuatu hal yang mungkin saat ini.

Perjalanan Microsoft untuk bisa menguasai pasar mobile seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya di era PC nampaknya masih panjang dan akan berliuk-liuk, mengingat persaingan pasar mobile saat ini sangat berbeda dengan yang terjadi di era PC.

Selengkapnya simak video wawancara Bill Gates dengan CBS News berikut ini.

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.