Blackberry Akan Tinggalkan Korea Setelah Jepang

Blackberry 10

Baru bulan lalu, Blackberry memutuskan untuk tidak menjual Blackberry 10 di Jepang. Nampaknya, sekarang Blackberry juga harus memikirkan apakah akan meninggalkan Korea sama seperti Jepang?

Menurut artikel Yonhap News Korea, produsen smartphone Blackberry asal Kanada ini mungkin akan keluar dari Korea, terutama Korea Selatan, karena penjualannya yang sangat buruk.

Bagaimana tidak Blackberry mempunyai rekor penjualan yang kurang bagus di Korea Selatan sana, sudah pasti karena produsen smartphone andalan Korea, yaitu Samsung dan LG yang mendominasi penjualan smartphone di sana. Apple yang  merupakan produsen smartphone ternama dari luar Korea, juga sudah mulai mendominasi penjualan smartphone.

Kemungkinan Blackberry tidak akan menjual smartphone sangat besar, mengingat Blackberry yang sudah mengambil keputusan seperti itu di Jepang. Persaingan Blackberry dengan produsen smartphone di Korea Selatan tentunya sangat ketat. Sebelum pertengahan tahun 2013 ini, Blackberry mungkin akan menarik dari pasar Korea.

Tahun lalu, HTC bahkan telah tutup di Korea Selatan sekitar bulan Juli. Motorola pun sekarang ini sedang menghadapi kasus hukum yang mengakibatkan 500 pekerjaan ditiadakan. Penduduk Korea Selatan saat ini lebih tertarik dengan smartphone berbasis Android ataupun smartphone keluaran Apple. Blackberry sepertinya memang akan sulit untuk bersaing dengan kedua raksasa teknologi tersebut.

Meski begitu, menurut The Next Web, Blackberry masih dalam tahap diskusi dengan SK Telecom untuk meluncurkan Blackberry 10 di Korea Selatan. Belum ada keputusan pasti apakah Blackberry akan tetap meluncurkan Blackberry 10 di Korea atau tidak.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.