Berapa Harga Komponen BlackBerry Z10?

BlackBerry 10

Sebagai perangkat BlackBerry terbaru, BlackBerry Z10 cukup sukses di pasaran, bahkan kabarnya di beberapa negara seperti Inggris, perangkat ini sempat sold out. Kira-kira, berapakah modal yang dibutuhkan BlackBerry untuk merakit smartphone ini? Bocoran: lebih mahal daripada iPhone 5!

CNN Money melakukan penelitian untuk mengetahui harga produksi BlackBerry Z10 dengan cara membongkar sebuah BlackBerry Z10 dan menjumlahkan harga seluruh komponen yang ada di dalamnya. Melalui penelitian tersebut, CNN mengambil kesimpulan bahwa komponen yang berada di BlackBerry Z10 apabila dijumlahkan akan bernilai $154 (Sekitar 1,48 juta rupiah).

Perinciannya sebagai berikut:

  • Layar 4,2 inci yang terdapat di Z10 senilai $26,50,
  • Processor Qualcomm 1,5 GHz dual-core senilai $26,50,
  • Kamera 8 megapiksel di belakang dan 2 megapiksel di depan senilai $15,
  • Media penyimpanan 16GB senilai $9,
  • Baterai, chip 3G dan kawan-kawannya, serta RAM, senilai $21,
  • Casing dan komponen elektronik lainnya senilai $59.

Apabila ditambahkan, kira-kira semua itu akan bernilai $154.

Tentu saja biaya di atas merupakan biaya komponen secara murni, tidak termasuk perakiran, biaya pengiriman, marketing dan iklan, dan lain-lain.

Yang menarik adalah perangkat darn Z10 ternyata lebih mahal $15 daripada iPhone 5 yang dikabarkan komponennya memiliki nilai total $139. Tidak mengejutkan, memang, mengingat perangkat BlackBerry Z10 ini memiliki layar lebih tajam, baterai lebih besar, dan RAM yang lebih besar ketimbang iPhone 5.

Sistem operasi terbaru dari BlackBerry, BlackBerry 10, juga sangat menarik perhatian pengguna smartphone di Indonesia, bahkan menurut sebuah studi di Twitter, Indonesia disebut-sebut merupakan negara yang paling “terobsesi” dengan BlackBerry 10.

Berikut adalah video yang dirilis oleh CNN Money terkait studi harga komponen Z10 ini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.