Tahun Ini, Google Akan Membuka Retail Store?

Google nampaknya sadar bahwa potensi meraup keuntungan lebih dengan cara membuka retail store, seperti yang telah dilakukan oleh Apple dan Microsoft, sangat besar. Google pun saat ini telah memiliki beberapa produk fisik seperti gadget-gadget Nexus dan Chromebook. Dan kabarnya menurut ‘sumber yang sangat terpercaya’, Google akan merambah bisnis retail store mulai tahun ini.

‘Sumber yang sangat terpercaya’ ini mengatakan kepada 9to5Google, permintaan terhadap Google Nexus, khususnya Nexus 4, melebihi perkiraan Google 10x lipat kemudian mengakibatkan Nexus 4 dan Nexus 10 sold out di berbagai belahan dunia. Hal inilah yang menyebabkan Google mulai berpikir untuk merambah bisnis retail store seperti yang telah dilakukan oleh Apple dan Microsoft.

Tujuan dari membuat retail store adalah:

The mission of the stores is to get new Google Nexus, Chrome, and especially upcoming products into the hands of prospective customers.

Misi dari adanya toko tersebut adalah untuk mendapatkan Google Nexus, Chrome, dan terutama produk-produk yang akan datang ke tangan para pengguna.

Selama ini biasanya sebelum Anda membeli barang Anda ingin melihat dan mencoba barang tersebut terlebih dahulu. Sedangkan sistem pembelian gadget Nexus secara resmi (yang melakukan pemesanan melalui Google Play) tidak memungkinkan para pengguna mencoba dan melihat gadget tersebut secara langsung terlebih dahulu sebelum membelinya.

Dengan adanya retail store, hal ini dapat menjadi solusi bagi para calon pembeli. Selain itu tentunya penjualan gadget-gadget tersebut bisa jadi akan meningkat. Bukan tidak mungkin nantinya produk-produk Motorola, perusahaan pembuat handphone yang baru-baru ini diakuisisi oleh Google, turut serta ada dalam retail store tersebut. Begitu juga nantinya para pengguna dapat mencoba Google Glass secara langsung, tentunya sangat menyenangkan.

Di Amerika Serikat sendiri, sebenarnya Google sudah mempunyai retail store, tetapi retail store tersebut hanyalah berupa stand di dalam Best Buy yang hanya fokus pada produk-produk Chromebook.

Inikah artinya Google sudah siap memasuki bisnis hardware? Sebelumnya Google juga dirumorkan akan membuat Chromebook mereka sendiri, serta juga tengah mengembangkan XPhone bersama Motorola. Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.