21 Februari, Ubuntu OS untuk Smartphone Hadir Dalam Developer Preview

Ubuntu OS

Sistem operasi Ubuntu tengah dipersiapkan untuk gadget mobile seperti smartphone dan tablet. Meskipun sistem operasi ini baru akan diluncurkan secara resmi rencananya pada bulan Oktober mendatang, namun seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sistem operasi ini akan tersedia bagi para developer mulai bulan Februari, tepatnya 21 Februari mendatang.

Canonical, perusahaan pengembang sistem operasi Ubuntu mengumumkan hal tersebut melalui websitenya, 21 Februari 2013 sistem operasi Ubuntu akan tersedia bagi para pengguna Galaxy Nexus dan Nexus 4 dalam bentuk developer preview.

Canonical mengatakan:

They are intended for enthusiasts and developers, to familiarise themselves with Ubuntu’€™s smartphone experience and develop applications on spare handsets.

Sistem operasi ini ditujukan bagi para penggemar dan pengembang, untuk membiasakan diri dengan pengalaman smartphone berbasiskan Ubuntu dan mengembangkan aplikasi untuk gadget dengan sistem operasi ini yang akan datang.

Canonical bahkan menyediakan layanan instalasi sistem operasi ini bagi para developer yang berkesempatan menghadiri Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada 25 – 28 Februari mendatang. Canonical juga sudah menyiapkan panduan untuk menginstalasi smartphone Anda dengan sistem operasi tersebut, Anda bisa mendapatkan panduannya berikut dengan sistem operasinya pada tanggal 21 Februari mendatang di halaman ini.

Selain itu, awal minggu ini Canonical juga sudah menyiapkan panduan membuat aplikasi pada sistem operasi Ubuntu. Panduan ini memberikan wawasan kepada para developer untuk mendesain dan membuat aplikasi di Ubuntu. Untuk membuat aplikasi pada sistem operasi ini, Canonical sebuah software development kit (SDK) bagi para developer, para developer dapat memilih beberapa bahasa pemrograman seperti aplikasi native QT/QML, web atau HTML5.

Dengan hal ini, maka Ubuntu dapat dipastikan akan siap bersaing dengan berbagai sistem operasi mobile yang saat ini sudah beredar seperti iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry 10, begitu juga berbagai sistem operasi mobile yang akan datang seperti Tizen, Sailfish, dan Firefox OS.

Anda tertarik mencoba sistem operasi yang satu ini?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.