Adobe Merilis Source Code Asli Photoshop

Photoshop Disk and Box

Adobe Photoshop merupakan sebuah software yang fenomenal, dengan segala kemampuan yang dapat dilakukan dengan menggunakan software tersebut tak heran jika software keluaran Adobe yang kini sudah mencapai versi CS6 memiliki harga yang cukup mahal. Namun kini, Adobe baru saja merilis source code asli dari Photoshop.

Ya, Photoshop kini dapat Anda nikmati gratis! Photoshop yang dapat Anda nikmati secara gratis adalah Photoshop pertama yang diluncurkan pada tahun 1990.

Anda mungkin penasaran mengapa Adobe Photoshop dapat melakukan hal-hal yang tergolong ajaib seperti mengubah wajah orang, memperbaiki kesalahan pada gambar, hingga sekedar mendesain suatu hal yang sehari-hari Anda lakukan.

Kini, jika Anda mampu, Anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat software tersebut melalui source code yang baru saja dirilis Adobe di Computer History Museum.Computer History Museum bekerjasama dengan Adobe menghadirkan source code asli dari Photoshop 1.0.1 dengan coding sebanyak 128 ribu baris yang dibuat oleh Thomas Knoll dan John Knoll.

Untuk sekedar nostalgia, mungkin Anda sama seperti saya, belum pernah melihat tampilan Photoshop versi 1.0.1. Berikut ini adalah beberapa tampilan Photoshop 1.0.1:

Photoshop 1.0.1 #1

Photoshop 1.0.1 #2

Photoshop 1.0.1 #3

Photoshop 1.0.1 #4

Photoshop 1.0.1 #5

Bagaimana menurut Anda?

Jika Anda penasaran dengan source code dari Adobe Photoshop CS6, berarti Anda harus menunggu kira-kira 23 tahun lagi sebelum source code tersebut secara resmi dibagikan secara gratis oleh Adobe. Anda dapat men-download source code asli Photoshop di halaman ini, dengan menyetujui syarat dan ketentuan terlebih dahulu.

Satu hal yang menarik adalah Photoshop versi 1.0.1 masih lebih canggih dibanding Microsoft Paint yang beredar saat ini (2013). Hmm… Tentu saja tujuan dari dibuatnya Photoshop dan Paint adalah berbeda, mungkin itu alasan Microsoft tidak membenamkan fitur-fitur hebat seperti yang dimiliki Photoshop 1.0.1.

 

Sumber gambar: CreativeBitsComputer History Museum

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.