Opera Menembus 300 Juta Pengguna, Beralih ke WebKit

Opera

Opera baru saja mengumumkan bahwa mereka kini memiliki 300 juta pengguna di produk browser mereka yang tersedia untuk ponsel, tablet, TV, dan juga komputer. Di kesempatan yang sama, mereka juga mengumumkan bahwa mereka akan berpindah ke engine WebKit.

Hal tersebut berarti Opera akan berhenti mengembangkan engine mereka sendiri dan akan menggunakan engine WebKit yang bersifat open-source. WebKit merupakan salah satu engine paling populer yang digunakan oleh beberapa browser terkenal seperti Chrome dari Google dan Safari dari Apple.

Opera sampai saat ini masih memiliki kekuatan yang sangat besar di ranah mobile. Berkat dukungan dan kesepakatan dengan operator dan vendor smartphone di seluruh dunia, Opera melaporkan bahwa mereka memiliki 229 pengguna aktif pada Desember 2012. Opera Mini adalah salah satu pendukung tingginya angka tersebut, karena Opera Mini sangat populer di kalangan iOS, Android, Windows Phone, J2ME, maupun BlackBerry.

Melalui sebuah artikel di website mereka, Håkon Wium Lie, CTO dari Opera menyatakan:

“It makes more sense to have our experts working with the open source communities to further improve WebKit and Chromium, rather than developing our own rendering engine further. Opera will contribute to the WebKit and Chromium projects, and we have already submitted our first set of patches: to improve multi-column layout.” – Håkon Wium Lie, CTO Opera Software.

“Akan lebih masuk akal kalau kami mengarahkan para ahli kami untuk bekerja bersama komunitas open source untuk lebih lanjut mengembangkan WebKit dan Chromium, daripada mengembangkan engine milik kami sendiri. Opera akan berkontribusi lebih banyak di proyek WebKit dan Chromium, dan kami sudah mengirimkan satu buah patch terbaru dari kami: pengembangan layout multi-column.” – Håkon Wium Lie, CTO Opera Software.

Ini tentunya menjadi kabar baik bagi dunia pengembangan web, karena berkat berpindahnya Opera ke WebKit, maka pengembangan web di Opera akan lebih mudah karena memiliki standar yang sama dengan yang dimiliki oleh browser WebKit lainnya seperti Chrome dan Safari.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.