Tim Cook Ingin Berdamai dengan Samsung?

Perusahaan teknologi dari Korea yang dinyatakan meniru Apple kemudian dituntut oleh Apple merupakan berita hangat tahun-tahun lalu. Ternyata, tindakan menuntut Samsung dari Apple, bukanlah rencana atau niatan dari Tim Cook, CEO Apple yang sekarang.

Kira-kira hampir 2 tahun, Apple melayangkan kasus hukum dan menuntut Samsung. 6 bulan kemudian, Samsung akhirnya memenangkan perkara hukum tersebut. Setelah kasus hukum tersebut, banyak orang bertanya mengenai hubungan antara Samsung dan Apple.

Kasus hukum yang dilayangkan oleh Apple ternyata merupakan niatan dari Steve Jobs. Setelah Steve Jobs melihat produk-produk Samsung yang hampir mirip atau menyerupai produk iPhone dan iPad mereka, Steve Jobs akhirnya menyatakan perang dengan Samsung. Saat itu, Tim Cook masih merupakan COO.

Seperti yang ditulis oleh Reuters, Tim Cook yang saat itu sedang bekerja dengan COO ternyata berhubungan baik dengan Samsung, karena beliaulah yang melihat jalannya rantai suplai dari Samsung ke Apple. Saat Apple melayangkan gugatan terhadap Samsung, Tim Cook adalah orang yang berada di posisi paling tidak enak dengan kasus tersebut. Malahan, saat gugatan tersebut diberikan kepada Samsung, Tim Cook sempat menolaknya.

Untuk menjawab hal tersebut, Tim Cook punya pendapatnya sendiri. Berikut adalah pernyataan Tim Cook saat menyampaikan pendapatan Apple di kuarter kedua tahun lalu, yang dilaporkan oleh Business Insider.

“I have always hated litigation, and I continue to hate it. We just want people to invent their own stuff. If we could get to a fair settlement, I would highly prefer to settle versus battle.”

“Saya selalu tidak menyukai proses pengadilan, dan saya akan terus lanjut tidak menyukai hal tersebut. Kami hanya ingin orang-orang menemukan sendiri produk mereka. Jika kami bisa mendapatkan penyelesaian yang adil, saya lebih memilih menyelesaikan dibanding harus bertempur.”

Hingga sekarang, Apple dan Samsung punya urusan masing-masing. Tidak ada situasi dingin di antara mereka. Apple dan Samsung punya pasar masing-masing, dimana Apple lebih berjaya di Amerika Serikat, sedangkan Samsung di Asia.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.