Akan Ada OUYA Baru Setiap Tahun

OUYA

OUYA, perangkat Android berbentuk console game, mengumumkan bahwa proyek tersebut akan menghadirkan hardware baru setiap tahunnya untuk dapat mengikuti perkembangan spesifikasi mobile yang sangat cepat. Hal ini sangat berbeda dengan console game pada umumnya, seperti PlayStation dan Xbox, yang di-update setiap 6 tahun sekali.

CEO OUYA mengaku strategi yang mereka gunakan tersebut mirip dengan strategi yang ada di teknologi mobile saat ini. Seperti yang kita ketahui,  sebuah vendor biasanya akan menghadirkan sebuah smartphone ataupun gadget generasi baru setiap tahunnya untuk menggantikan generasi lamanya yang sudah berumur satu tahun.

“Our strategy is very much similar to the mobile strategy. There will be a new OUYA every year. There will be an OUYA 2 and an OUYA 3.” – Julie Uhrman, OUYA CEO

“Strategi kami sangat mirip dengan strategi mobile. Akan ada OUYA setiap tahunnya. Akan ada OUYA 2 dan OUYA 3,” ungkap Julie Uhrman, CEO dari OUYA, seperti dikutip dari Engadget.

Memang strategi ini sangat cocok dipakai apabila mereka ingin selalu bisa bersaing di pasar Android. Hal tersebut karena teknologi yang mendukung Android berkembang dengan sangat cepat. Tahun 2010 misalnya, processor dengan kecepatan 1 GHz sudah dianggap cepat. Namun 1 tahun kemudian muncul processor dual-core, lalu dilanjutkan dengan quad-core, dan bahkan Samsung sendiri sudah akan mengeluarkan processor octa-core.

Generasi perdana OUYA akan memiliki processor keluaran NVIDIA, yaitu Tegra 3. Bahkan sebelum OUYA pertama dipasarkan, NVIDIA sudah keburu memperkenalkan processor terbarunya, Tegra 4, yang tentu saja memiliki performa yang lebih baik ketimbang pendahulunya.

Semakin menarik saja perkembangan teknologi saat ini. Android yang tadinya hanya digunakan untuk smartphone pun mulai diimplementasikan di berbagai tempat, seperti kamera dan console game. Kira-kira apakah console game dengan sistem operasi Android mampu bersaing dengan console game papan atas lainnya? Kita lihat saja!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.